Pasca Penghentian Sementara, Aktivitas PT SMGP Berjalan Aman

Puncak Sorik Marapi, StArtNews-Pasca penghentian sementara oleh Kementerian ESDM, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) milik PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) untuk sektor Roburan Sampuraga dengan kapasitas 45 mega watt (MW) kembali beraktivitas sebagaimana biasanya, Kamis (25/2).

Kembali beroperasinya 2 unit rig pengeboran milik perusahaan tersebut berdasarkan surat persetujuan terhadap pemohonan PT SMGP kepada kementerian ESDM Indonesia tertanggal 19 Februari 2021 dengan ketentuan perusahaan mengedepankan prinsip keselamatan dan kehati-hatian.

Pengoperasian kembali  2 unit rig pengeboran itu juga mendapat persetujuan Bupati Madina, Drs. Dahlan Hasan Nasution dalam rapat yang digelar bersama Forkopimda Plus, Camat Puncak Sorik Marapi dan kepala desa di wilayah kerja perusahaan (WKP).

Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Haris turut serta menyaksikan pembukaan aktivitas PT SMGP tersebut.

Haris mengatakan secara teknis, kegiatan operasional panas bumi ini  bisa berjalan dengan baik secara aman lancar. Ia berharap dukungan masyarakat untuk tetap bersinergi.

“Kami mengharapkan sinergi dengan masyarakat dijamin perusahaan, agar manfaatnya bisa dirasakan secara luas baik langsung maupun tidak langsung tanpa perlu terjadinya gesekan-gesekan,” kata Harris

Sementara itu, Tim Investigasi Kecelakaan Kerja dari EBTKE Kementerian ESDM, Ketut Sujata menyampaikan kondisi lingkungan dan udara di WKP terpantau aman. Ia menekankan agar perusahaan lebih giat memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait gas beracun dan pertolongan pertama yang bisa dilakukan.

Dari pihak perusahaan, Riza Glorius Pasikki, Chief Technology Officer PT SMGP menegaskan perusahaan berkomitmen dan bertanggung jawab penuh memastikan aktivitas perusahaan sesuai SOP, baik yang bersifat ketentuan maupun prosedur keselamatan panas bumi.

Sebelumnya Kementerian ESDM menghentikan sementara aktivitas PT SMGP buntut dari pembukaan sumur panas yang menyebabkan 5 korban jiwa dan puluhan lainnya harus melewati perawatan intensif di rumah sakit.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi