Pemkab Madina dan Pemkot Padang Gelar Muhibbah Budaya


Panyabungan, StArtNews-Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Pemkab Madina) bersama Pemerintah Kota Padang (Pemkot Padang) menggelar acara Muhibbah Budaya di Taman Raja Batu, Parbangunan, Selasa (22/12).

Acara bertajuk “Basuo di Tanah Rantau” ini dihadiri Bupati Mandailing Natal yang diwakili Sekdakab Madina, Gozali Pulungan, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Madina, Forum Pelestarian Pengembangan Adat Budaya Madina, Persatuan Minangkabau Saiyo, Ketua DPRD Kota Padang bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang bersama rombongan.

Sebelum acara dimulai Minangkabau Saiyo menampilkan tari sambutan untuk menyambut kedatangan Sekdakab Madina dan rombongan dari Kota Padang.

Selanjutnya, masing-masing daerah menampilkan tari pembuka. Dari Madina diwakili Sanggar Seni dan Budaya Kampoeng Mandailing berupa tor-tor dengan iringan Gordang Sambilan. Sementara dari Padang menampilkan tari Pasambahan.

Ketua DPRD Kota Padang yang diwakili oleh salah satu anggota DPRD Padang, Maslih dalam sambutannya merasa tersanjung dengan sambutan Pemkab Madina dan masyarakat. Selanjutnya ia menyebutkan kalau budaya Mandailing dengan Minang sangat dekat, bahkan sudah seperti saudara. Giat ini akan menjadi satu monumen pendekatan budaya Minang dengan Mandailing.

Maslih juga menunggu dan berharap kedatangan Pemkab Madina di Padang untuk melakukan giat yang sama.

Bupati Madina yang diwakili Sekdakab Madina menyampaikan giat ini adalah langkah awal dan penting untuk membangun hubungan yang lebih baik ke depan. Ia berharap ke depan bukan hanya persoalan budaya yang menjadi prioritas kerja sama di antara kota dan kabupaten ini. Melainkan juga sektor ekonomi, sosial dan sektor lainnya.

Pemkab Madina melalui Sekdakab dan Asisten I, Sahnan Pasaribu memberikan cendera mata berupa replika Bagas Godang kepada Pemkot Padang.

Dalam acara Muhibbah Budaya ini berlangsung dengan meriah meskipun diadakan di tengah pandemi. Sekdakab mengungkapkan giat ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti prokes pencegahan Covid-19 meskipun Madina sudah ditetapkan sebagai zona hijau.

Berbagai kesenian dan budaya ditampilkan pada acara ini seperti Tor-tor Mandailing, Gordang Sambilan, Tari Pasambahan, tari Piring, Tari Randai dan lainnya.

Reporter: Roy Adam
Editor: Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi