Pemuda Pancasila Dukung Pendirian Kampus  ITS di Madina

Pemuda Pancasila Dukung Pendirian Kampus ITS di Madina

Panyabungan, StartNews – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengapresiasi rencana pendirian perguruan tinggi Isntitut Teknologi dan Sains (ITS) di Desa Pidoli Lombang, Kecamatan Panyabungan. Rencananya, ITS mulai beroperasi pada September 2022.

Alhamdulillah, kita berterima kasih atas inisiatif dan kepedulian luar biasa tokoh besar Mandailing, yakni Ketua Umum DPD Ikatan Keluarga Nasution (IKANAS) Dohot Anakboruna Provinsi Sumatera Utara di Medan, Dr. H. Amarullah Nasution, SE., MBA yang beriniasi mendirikan perguruan tinggi berbasis teknologi dan sains ini,” kata Ketua Bidang Pendidikan dan Litbang SDM Pemuda Pancasila Madina, Masnah, kepada pers baru-baru ini.

Masnah yang juga berprofesi sebagai tenaga pendidik mengatakan kepedulian Ompung Amarullah harus dijadikan teladan bagi para tokoh-tokoh Mandailing yang sukses berkiprah di tanah perantauan (tano pandaraman) agar lebih mencintai kampung halaman dengan mempersembahkan karya positif yang berguna bagi masa depan Madina.

“Kepedulian inilah yang harus ditanam dan kembali dipupuk. Bahwa rasa memiliki terhadap tano hasorangan serta holong maroban domu,  domu mangalap parsaulian dari para tokoh-tokoh kita yang telah sukses untuk kembali menggerakkan semangat marsialapari (gotong royong) dan marsipature hutanabe,” papar Masnah.

Menurut dia,  Mandailing sejak dahulu dikenal sebagai gudangnya para ilmuwan dan tokoh besar yang berjasa bagi republik ini, baik dari aspek pendidikan, militer, hukum, ekonomi, sosial, politik, dan pemerintahan. Bahkan, jauh sebelum Indonesia merdeka, lanjut Masnah, Mandailing pernah memiliki Willem Iskander (Sutan Sati Nasution) selaku pahlawan pionir pendidikan pribumi pertama di republik ini yang telah bersusah payah mencerdaskan anak bangsa, jauh sebelum adanya Ki Hajar Dewantara yang dikenal sekarang sebagai Pahlawan Pendidikan Nasional.

“Semangat kebersamaan, inspirasi dan keinginan luhur inilah yang seharusnya kita miliki bersama untuk terus berbenah membantu pemerintah dalam membangun Kabupaten Madina. Kita mendorong para petinggi dan tokoh-tokoh besar yang berasal dari Mandailing untuk bersama memikirkan pembangunan Mandailing Natal serta memberikan kontribusi terbaiknya demi masa depan Madina yang lebih baik. Kiprah Ompung Amarullah Nasution sangat kami hormati,” jelas Masnah.

Lebih lanjut, Masnah mengungkapkan, sektor pendidikan adalah sarana paling prioritas yang harus dibenahi untuk mempersiapkan generasi yang tangguh dan memiliki daya saing dalam arus zaman kontemporer.

“Insitut Teknologi dan Sains yang akan didirikan oleh Ompung Amarullah ini, insha Allah akan menjadi shadaqatun jariyah serta solusi untuk mewujudkan kader-kader pemimpin masa depan dalam menghadapi tantangan zaman,” harap Masnah.

Masnah juga menjelaskan, Yayasan Perguruan Tinggi Mandailing Natal dengan Akta Notaris Mukan Hariadi, SH di Medan dengan No. 06/2021 tanggal 16 Desember 2021 dengan Surat Pengesahan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (MENHUMKAM) No. AHK-0029862 AH.O1.04 tahun 2021 yang akan diproyeksikan mendirikan Institut Teknologi dan Sains (ITS) Madina.

Sedangkan prosedur pendirian ITS Madina telah disampaikan ke Dirjen Pendidikan Tinggi di Jakarta untuk mendapatkan Surat lzin Pendirian

Pada 17 Desember 2021 yang lalu, juga dilakukan visitasi lapangan oleh Lembaga Layanan Perguruan Tinggi Provinsi Sumatera Utara (nama lama Kopertis I Sumatera Utara) yang dihadiri oleh 4 orang petugas LL Dikti Sumatera Utara dipimpin oleh Ibu DR. Mahriyuni, M.Hum, Sekretaris LL Dikti Provinsi Sumatera Utara kelokasi pembangunan Kampus ITS Madina di Panyabungan.

Kemudian, tanggal 24 Desember 2021 oleh Kepala LL Dikti Provinsi Sumatera Utara Prof. DR. H. Ibnu Hajar, M.Pd. telah dikeluarkan Surat Rekomendasi Persetujuan Pembukaan ITS Madina tersebut dengan Surat Rekomendasi No. 06/LLI/KB.01.00/2021 tanggal 24 Desember 2021.

Diperkirakan paling lambat pada Mei 2022 izin operasional ITS Madina tersebut akan diterbitkan oleh Dirjen Dikti dari Jakarta. Untuk tahap I, ITS Madina akan membuka dua fakultas, masing Fakultas Teknologi Komputer dengan tiga program studi. Masing-masing Pogram Studi Teknik Komputer dan Sistem Informasi jenjang S-1 (sarjana). Fakltas Pertanian dengan Program Studi Agroteknologi jenjang S-1 (sarjana).

Pada tahap II akan dibuka Program Studi Peternakan dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Program Studi IImu Manajemen dan Program Studi Akuntansi. Rencana perkuliahan akan dimulai pada awal September 2022. Sedangkan lokasi/lahan Kampus ITS Madina terletak di Desa Pidoli Lombang, pinggir jalan besar Kota Panyabungan di atas lahan seluas 1 hektare.

Reporter: Rls

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...