Peringati Hari Ibu, 200 Perempuan di Batam Tes Kanker Serviks Gratis

4MUSIK Dan INFORMASI PAGI – Kanker serviks atau kanker leher rahim menjadi momok bagi para wanita. Khususnya yang secara seksual produktif.

“Keluhannya kalau ibu berhubungan ada flek-flek. Kata dokter nggak apa-apa, nggak masalah. Sering ada penyuluhan soal kanker serviks di kelurahan, ada dokter ke tempat kami, di PKK juga penyuluhannya,” ujar Umi Kalsum (45) di Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana Kabil, Batam, Riau, Kamis (17/12/2015).

Umi adalah satu dari 200 wanita yang mengikuti tes IVA atau Inspeksi Visual dengan Asam asetat. Ia mengaku dirinya ngeri ketika mendengar gejala-gejala kanker serviks. Untuk itu ketika di daerahnya ditawari tes gratis ia pun langsung mendaftar.

“Alhamdulilah hasilnya negatif,” katanya.

Senada dengan Umi, Chomsiatun (35) mengaku senang dengan adanya pemeriksaan ini. Menurutnya ia makin sadar dengan kesehatan.

“Tahu sedikit, tertarik karena untuk mengetahui kesehatan organ vital kita rupanya (saya) ada masalah keputihan dan ada myom,” katanya sedih.

Pemeriksaan kesehatan reproduksi ini dicanangkan oleh Dharma Wanita Persatuan dan Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (Ikawati) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN untuk memperingati Hari Ibu. Ketua Dharma Wanita Persatuan dan IKAWATI, Hanifah Mursyidan Baldan dalam sambutannya mengatakan kesehatan ibu sangat penting. Seperti membantu menopang ekonomi keluarga dan melahirkan anak-anak yang berkarakter.

“Sesuai dengan ini semuanya akan terwujud dari ibu-ibu dan perempuan yang sehat. Oleh karenanya pemeriksaan dini deteksi kanker serviks bagi perempuan adalah sebuah keharusan,” tegas Hanifah.

Tak hanya periksa gratis. Para ibu juga bisa berkonsultasi dengan dokter dan diberi obat. Ibu-ibu yang hadir dalam pemeriksaan tersebut mendapat fasilitas antar jemput dan juga seragam. Mereka tampak sumringah ketika bertemu dengan Mufidah Jusuf Kalla dan ibu-ibu Organisasi Solidaritas Era Kabinet Kerja (Oase). Mereka pun kemudian berebut bersalaman dengan Mufidah yang menyambut ramah dan menyapa ibu-ibu tersebut.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi