Persepsi Anggota Pansus Harus Sama

Foto: Ketua Pansus PT SMGP, Dodi Maratua.

Panyabungan, StArtNews-Terbitnya Surat Keputusan Pimpinan DPRD Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dengan nomor 170/05/KPTS/DPRD/2021 usai sidang paripurna di gedung DPRD Madina pada Selasa (23/2) terkait pembentukam Pansus pada Proyek Pembangkit Listrik Tenang Panasa Bumi (PLTP) di PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) memberikan harapan untuk penyelesaian kasus yang menewaskan 5 warga Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi secara adil.

Dalam surat itu anggota, pansus ditugaskan melakukan investigasi atau pembahasan secara mendalam terkait permasalahan di PT SMGP. Kemudian meyampaikan hasil rekomendasi Pansus pada sidang paripurna yang akan digelar paling lama 6 bulan setelah pansus dibentuk atau selambat- lambatnya pada 23 Agustus 2021.

Dodi Maratua, Ketua Pansus PT SMGP mengatakan, langkah pertama sebelum melakukan investigasi adalah menyusun jadwal kegiatan pansus. Kemudian menyamakan persepsi para anggota pansus terkait tragedi yang terjadi pada 25 Januari 2021 lalu.

Langkah ini, jelas Dodi, penting diambil sehingga hasil rekomendasi pansus nantinya utuh dan target tercapai.

“Insyaallah, dalam waktu dekan ini (anggota pansus melakukan investigasi-red) karena masih penyamaan persepsi anggota pansus terkait penyusunan jadwal dan kegiatan apa-apa saja,” sebut Dodi, ketika dihubungi, Kamis (25/2).

Ia juga menyamapikan, tidak dimungkiri penyamapian hasil rekomendasi pada sidang paripurna nantinya, bisa saja lebih cepat dari masa kerja yang ditentukan (6 bulan). Namun, itu semua harus dilihat dari sinkronisasi anggota setelah pansus berjalan.

“Bisa saja sebelum 6 bulan (hasil rekomendasi disampikan pada sidang paripurna-red), tergantung sikonnya tapi nanti kita lihat dulu kalau sudah jalan,” ujarnya.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Madina itu menyampaikan belum bisa berbicara lebih jauh terkait hal-hal yang bisa jadi rekomendasi nantinya sebab pansus belum melakukan investigasi dan kajian kasusu.

“Kita liat saja bagaimana rekomendasi pansus setelah berjalan dan nantinya di situ sama-sama kita lihat apa-apa saja yang diharapkan masyarakat untuk pembentukan pansus ini,” jelas Dodi.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi