Poktan Melati Panen Bawang Merah, Hasilkan 13 Ton per Hektare

Siabu, StArtNews-Kelompok Tani (Poktan) Melati Desa Simaninggir, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melakukan panen bawang merah, Kamis, (4/3).

Panen bawang merah dilahan Poktan Melati tersebut dihadiri Kadis Pertanian Siar Nasution, Seketaris, Kabid, Kasi PPL, staf Dinas Pertanian dan Ibu Kadis serta petani.

Kadis Perainan Madina, Siar Nasution menyampaikan ucapan terima kasih kepada Poktan Melati yang telah mengalihkan tanaman padi ke bawang merah

“Kepada poktan melati, kami ucapan terima kasih karena telah mau mengubah pola tanam dari tanaman padi ke bawang merah,” ucap Siar.

Bawang merah yang dipanen di lahan Poktan Melati merupakan bantuan dari APBD Provinsi Sumut.

“Bawang merah yang dipanen dari lahan Poktan Melati ini merupakan bibit bawang merah yang bersumber dari Dana Refocusing APBD Provinsi Sumut tahun anggaran 2020,” ungkap Siar.

Dalam panen bawang merah ini, kata Siar, mendapat hasil 13 ton/hektare.

“Bantuan yang diserahkan kepada kelompok tani saat itu tidak hanya bibit bawang tetapi pupuk dan perlatan pertanian sehingga Poktan Melati mendapatkan hasil bawang merah sebanyak 13 ton/hektare,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Kadis Pertanian memberikan arah kepada patani bawang supaya lebih serius untuk mengelola lahannya agar Madina bisa mencapai swasembada bawang merah

“Kita jangan merasa puas dengan hasil panen ini, Pemerintah melalui Dinas Pertanian akan terus memberikan pengetahuan kepada petani agar petani lebih meningkatkan hasil produksinya,” jelas Siar.

Siar juga mengajak petani untuk bercocok tanam palawija sehingga tidak terlalu fokus pada tanaman padi.

“Ke depannya kita jangan terlalu fokus terhadap bertani padi sawah, tetapi kita beralihlah ke tanaman palawija dan sayur-sayuran karena tanam ini juga sangat menguntungkan petani,” pintanya.

Reporter: Putra Saima

Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi