Program Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022, Apa Saja?

Program Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022, Apa Saja?

Panyabungan, StartNews – Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kobol Nasution menyatakan prioritas penggunaan dana desa (DD) tahun 2022 mencakup kegiatan pemulihan ekonomi di desa melalui program perlindungan sosial, kegiatan penanganan Covid-19, dan mendukung sektor prioritas nasional yang ditetapkan.

“Penggunaan dana desa pada 2022, salah satunya mencakup pemulihan ekonomi di desa melalui program perlindungan sosial dan kegiatan penanganan Covid-19,” kata Kobol, Jumat (3/9/2021).

Menurut dia, penggunaan DD juga diarahkan untuk mencapai SDGs Desa sesuai dengan potensi dan masalah desa setempat. Juga hasil pendapatan IDM (Indeks Desa Membangun) Berbasis SDGs Desa 2021.

“Ada 18 tujuan SDGS Desa. Di antaranya, mewujudkan desa tanpa kemiskinan, desa sehat dan sejahtera, pendidikan desa berkualitas, keterlibatan perempuan desa, serta desa layak air bersih dan sanitasi,” papar Kobol.

SDGs Desa, kagta dia, juga menyasar terwujudnya desa berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa merata, infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan, tanpa kawasan, kawasan desa yang aman dan nyaman.

Dalam aspek lingkungan, Kobol menjelaskan, SDGs desa dasar dan produksi desa sadar lingkungan, desa tanggap perubahan iklim, serta desa peduli lingkungan.

Dalam aspek kelembagaan, lanjut dia, yang ingin dicapai adalah desa damai berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa, kelembagaan desa dinamis, dan budaya desa adaptif.  DD tahun 2022 juga digunakan untuk pemodalan badan usaha milik desa (BUMDes).

“Desa memiliki prioritas pembangunan yang dijalankan secara bertahap, baik menurut RPJM Desa setiap enam tahun maupun rencana kerja pemerintah ( RKP) desa setiap tahun,” katanya.

Reporter: Rls

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi