PT Linggabayu Agro Ajak Kerjasama Desa Untuk Pengembangan Peternakan Sapi

Foto : Irwansyah Nasution, pengamat ekonomi di Kabupaten Madina saat menyampaikan materi kepada kepala Desa Se-Kecamatan Lingga Bayu.

Mandailing Natal, StArtNews-Pengembangan sapi dan kambing akan dibuka di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) oleh PT Linggabayu Agro.

Pembukaan peternakan sapi dan kambing ini rencananya bekerja sama dengan Pemerintahan Desa se-Kecamatan Linggabayu Kabupaten Madina.

“Konsep kerja sama yang akan dilakukan dengan desa adalah menggunakan alokasi dana desa dan PT Linggabayu Agro berperan sebagai pengelolaan,” kata Irwansyah Nasution, pengamat ekonomi di Kabupaten Madina kepada wartawan, Senin (4/10)

Ia melanjutkan Dana Desa sudah saatnya dialokasikan untuk program yang dapat membantu ekonomi masyarakat. Bila project ini berjalan, selain bisa menumbuhkan ekonomi desa, kegiatan ini bisa merekrut tenaga kerja dari masyarakat itu sendiri.

“Misalnya, setiap desa mengalokasikan seratus juta rupiah untuk sapi anakan, kita katakan saja modal pembelian sapi anakan sebesar Rp8 juta/ekor. Nanti bila sudah cukup umur, sapi dijual seharga Rp 14 hingga Rp 15 juta per ekor. Keuntungan inilah yang akan dibagi nanti. tentu saja perusahaan menyiapkan teknologi yang mumpuni dalam pengelolaan peternakan sapi dan kambing ini, dan menyiapkan kandang sekaligus lahan untuk menyiapkan pakan ternak,” terangnya.

Irwansyah menyebut, kebutuhan daging sapi di Kabupaten Madina cukup besar, apalagi untuk keperluan hari raya qurban. Ribuan ekor sapi setiap pelaksanaan hari raya qurban didatangkan dari luar daerah.

“Kebutuhan daging sapi di rumah potong saja kita tidak bisa menyanggupinya saat ini. Belum lagi persiapan untuk hewan qurban. kita selalu mendatangkannya dari luar daerah. Nah, bila program peternakan ini sudah berjalan, tentunya bisa membantu memenuhi kebutuhan daging untuk rumah potong hewan maupun keperluang hari raya qurban,” ungkap Irwan.

Irwan berharap dana desa bisa dimanfaatkan untuk hal yang bisa menghidupkan ekonomi rakyat dan menambahkan pendapatan desa.

Reporter: Putra Saima

Editor: Hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi