Puluhan Tambang Emas Ilegal Beroperasi di Muara Siambak dan Muara Pungkut – Radio START FM Panyabungan

Puluhan Tambang Emas Ilegal Beroperasi di Muara Siambak dan Muara Pungkut

Kotanopan, StartNews Puluhan tambang emas ilegal beroperasi di wilayah Desa Muara Siambak dan Muara Pungkut, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut). Keberadaan tambang emas ilegal ini sepertinya tidak tersentuh hukum. Padahal, pembukaan tambang ilegal ini sudah jelas melanggar undang-undang.

Pantaun StartNews pada Selasa (2/8/2022) di Desa Muara Siambak, tepat di kawasan Aek Sibosa dan kawasan Aek Sibatu, puluhan tambang emas ilegal ini sudah beroperasi dalam beberapa bulan terakhir. Rata-rata kedalaman lobang tambang emas ini mulai dari  5 meter hingga 100 meter lebih.

FOTO: STARTNEWS/LOKOT HUSDA LUBIS.

Anehnya lagi, para pelaku tambang di kawasan ini didominasi warga dari luar desa. Selain itu, dari informasi yang dihimpun, kedatangan warga dari luar ini ke kawasan Muara Siambak tanpa sepengetahuan aparat dan kepala desa.

Sama halnya dengan tambang emas ilegal yang beroperasi di kawasan Muara Pungkut, tepatnya di kawasan Aek Karlan. Di kawasan ini, tambang emas ilegal ini sudah beroperasi dalam beberapa tahun terakhir, tetapi sepertinya tidak ada tindakan dari pihak terkait.

FOTO: STARTNEWS/LOKOT HUSDA LUBIS.

Terkait beroperasinya tambang emas ilegal di wilayahnya, Kepala Desa Muara Siambak M. Wildan Kurniawan mengatakan pihak selaku aparat desa sudah mengimbau warga agar tidak melakukan pembukaan tambang ilegal, baik melalui imbauan berupa brosur yang diedarkan Forkopimda dan Forkopincam Kotanopan, tetapi sepertinya tidak diindahkan.

Terkait datangnya orang dari luar desa yang melakukan penambangan emas ilegal di wilayahnya, Wildan mengatakan sampai saat ini pihaknya tidak pernah diberitahu atau dilaporkan. Begitu juga berapa jumlah tambang emas ilegal yang beroperasi dan siapa pengelolanya, dia mengaku tidak mengetahuinya.

Sementara Kepala Desa Muara Pungkut belum berhasil dikomfirmasi terkait keberadaan tambang emas ilegal di desanya.

Reporter: Lokot Husda Lubis

Komentar Anda

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Request Lagu
Loading...