Ribuan Orang Hadiri Tablig Akbar di Yayasan Al-Yusufiyah

Tapanuli Selatan.StArtNews– Siang ini, Minggu (7/9), ribuan jamaah Majelis Taklim Al-Yusufiyah beserta santri Al-Yusufiyah hadiri Tablig Akbar peringatan 1 Muharram yang diadakan Yayasan Al-Yusufiyah di Desa Huta Holbung, Kecamatan Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan. Kegiatan peringatan 1 Muharram ini merupakan kegitan yang rutin dilaksanakan Yayasan Al-Yusufiyah di setiap peringatan tahun baru Islam.

Ketua Yayasan Al- Yusufiyah Ustdz, H. Yusuf Amiril Soleh atau yang akrab disapa Tuan Nalomok, pada StArtNews mengatakan, peringatan 1 Muharram ini akan diisi penceramah generasi ke generasi oleh Syeh. H. Umar Bakri Lubis, H. Muhammad Nurdin, Al Ustaz H. Abdil Halim Siregar, dan Al Ustaz Ali Nafiah.

Makna tahun baru Islam itu sendiri kata Tuan Nalomok adalah pemaknaan berawal dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW. Saat zaman Rasul Allah, peristiwa hijrah dilakukan sebagai strategi dakwah dan menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif pada masyarakat Makkah.

Hijrah sendiri diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal-hal buruk ke arah yang lebih baik. Kini peristiwa hijrah diartikan sebagai pembelajaran nilai kebaikan untuk diri sendiri, seperti berani meninggalkan sesuatu yang buruk yang merugikan diri sendiri dan beralih pada sesuatu yang baik.

Dijelaskan Utadz H. Amiril Soleh atau Tuan Nalomok, usai mendengarkan ceramah, Tablig Akbar peringatan tahun baru Islam ini juga akan dilaksanakan makan bersama sebagai bentuk rasa syukur atas rahmat Allah yang masih memberikan kesempatan untuk terus menimba amal di bumi-Nya.

Pantauan StArtNews, hadir dalam kesempatan itu Anggota DPRD Tapsel, Abdul Basid Dalimunte, Kapolsek Batang Angkola, dan Koramil setempat. Selain itu sejumlah tamu dan undangan hadir dalam kesempatan itu.

Al Ustad Ali Nafiah dalam ceramahnya mengatakan, ada 3 pokok yang harus menjadi patokan dalam Hijrah itu yakni iman, hijrah, dan jihad.

Hijrahnya rasulullah Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah kata Al Ustadz Ali Nafiah, bukan berarti awal kekalahan umat Islam, melainkan awal bangkitnya umat Islam saat itu. Dengan demikian bisa kita maknai bahwa peristiwa hijrah merupakan pengingat bagi kita umat Islam akan semangat perjuangan dan optimisme yang tinggi untuk hijrah dari hal buruk ke yang baik.

Tim Redaksi StArtNews

Editor : Hanapi Lubis

Ket.Photo : Robuan Jamaah Pengajian Al- Yusufiah dan Santri hadiri Tablik Akbar peringatan tahun baru islam.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi