Rp57 Miliar Anggaran Bangun Jalan dan Jembatan di Madina Tahun 2023, Ini Rinciannya

Rp57 Miliar Anggaran Bangun Jalan dan Jembatan di Madina Tahun 2023, Ini Rinciannya

Panyabungan, StartNews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) terus menggenjot pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan. Untuk tahun 2023 nanti, misalnya, sebanyak Rp 57 miliar anggaran yang dialokasikan untuk membangun 33 ruas jalan dan lima jembatan di kabupaten paling selatan Sumatera Utara ini.

Anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2023. Besaran anggaran itu sudah termasuk biaya operasional bidang dan survei konsultan. Namun, belum termasuk Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) dan Inpres.

Kepala Bidang Binamarga Dinas PUPR Madina Elvianti Harahap mengatakan ada 10 ruas jalan di wilayah pantai barat yang akan dibangun tahun depan. “Ini sudah final,” katanya, Selasa (6/12/2022).

Dia mengatakan pihaknya telah mengusulkan perbaikan sejumlah jalan yang rusak di kabupaten ini. Untuk pantai barat, ada 10 ruas jalan mulai dari Simpang Jalan Negara – Batu Mundom, Nagajuang – Hutarimbaru, Bukit Mas – Kubangan Tompek, Jalan Dalam Kita Natal, Jalan Keliling Pasar Singkuang, Jalan Keliling Pasar Batahan, Jalan Lingkar Simpang Gambir, Jalan Panggautan Sikarakara 2 dan Tangsi Bawas – Kampung Sipirok.

Untuk Mandailing Godang, ada sembilan ruas jalan mulai dari Adianjior – Hutabargot, STAIN Madina- TPA, dalam kota Panyabungan, Lumban Dolok – Siancing, Mompang Jae – Tanjung Mompang, Padang Kemuning, Barbaran – Hutatonga, Sigalapang – Sopobatu, Simpang Jalan Negara Padang Harapan dan Jalan Negara – Sentra Produksi Gunungtua.

Untuk Mandailing Julu, ada 12 ruas jalan, di antaranya Banjar Lancat – Panjaringan, Bangun Purba – Sibanggor Jae, Hutanamale – Hutabaringin, Maga – Siantona, Muara Mais – Hutatinggi, Muara Siambak, Maura Sipongi – Sibinail, Simpang Duhu Lombang – Simpang Duhu Dolok, Simpang Jalan Negara – Sitaultaul, Simpang Jalan Negara – Simandolam, Singengu – Batahan dan rehabilitasi jalan dalam Kotanopan.

Elvi mengatakan pihaknya sebelumnya telah menginventarisasi data semua kondisi jalan di Madina. “Banyak juga pembangunan yang tidak di-update dan sedang diarahkan ke lokasi-lokasi yang urgen,” tuturnya.

Reporter: Sir

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...