Selama 2021, Pemkab Madina Rampungkan 16 Proyek Peningkatan Kualitas Jalan

Selama 2021, Pemkab Madina Rampungkan 16 Proyek Peningkatan Kualitas Jalan

Panyabungan, StartNews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) telah merampungkan 16 proyek fisik berupa peningkatkan kualitas jalan dan jembatan di sejumlah titik di Madina selama tahun 2021.

Dari 16 proyek fisik tersebut, sepuluh proyek di antaranya bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2021 sebesar Rp 5,581 miliar dan enam proyek bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 24,038 miliar.

Dari enam proyek yang bersumber dari DAK tahun 2021 tersebut, dua proyek di antaranya peningkatan kualitas ruas jalan Pagur – Panyabungan sepanjang 3 kilometer dan ruas jalan Hutasiantar – Siobon Julu sepanjang 1,7 kilometer.

Berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Madina, proyek peningkatan kualitas ruas jalan Pagur – Panyabungan dikerjakan PT Sekawan Jaya Bersama dengan nilai kontrak Rp 6,636 miliar. Durasi pengerjaan ruas jalan ini membutuhkan waktu 120 hari dan selesai pada Juli 2021.

Sementara proyek peningkatan kualitas ruas jalan Hutasiantar – Siobon Julu digarap oleh PT Pelita Sitolu Anak dengan nilai kontrak Rp 3,681 miliar. Lama pengerjaan proyek ini juga menghabiskan waktu selama 120 hari dimulai pada 3 Maret 2021 dan selesai pada 9 Juli 2021.

Kepala Dinas PUPR Madina M. Ruli Andriadi melalui Kepala Bidang Bina Marga Elpi Yanti mengatakan peningkatan kualitas kedua ruas jalan tersebut dilakukan dengan pelapisan aspal hotmix lengkap dengan pembuatan bahu jalan, marka, dan drainase. “Aspal hotmix-nya ada yang satu lapis, ada juga yang dua lapis,” kata Elpi, belum lama ini.

Menurut berbagai sumber, aspal hotmix lazim didefinisikan sebagai jenis aspal yang terbuat dari campuran berbagai bahan seperti agregat halus (abu batu), filler, dan agregat kasar (batu split atau batu screening).

Berdasarkan pantauan StartNews di lapangan, kondisi kedua ruas jalan tersebut kini sudah mulus. Infrastruktur berstatus jalan kabupaten ini terbilang strategis. Pasalnya, selain menjadi akses warga ke berbagai desa, kedua ruas jalan tersebut juga menjadi lalu lintas distribusi komoditas perkebunan dan pertanian.

Sesuai arahan pemerintah pusat, menurut Elpi Yanti, pengerjaan peningkatan sejumlah ruas jalan di Madina harus cepat diselesaikan guna menghindari refocusing anggaran. “Tahun 2020, kita sudah pengalaman, karena semua anggaran di-refocusing, sehingga tidak ada kegiatan infrastruktur jalan,” katanya.

Selain ruas jalan Pagur-Panyabungan dan Hutasiantar-Siobon Julu, Pemkab Madina juga telah merampungkan peningkatan kualitas empat ruas jalan lainnya yang bersumber dari DAK tahun 2021.

Empat ruas jalan tersebut adalah ruas jalan Bukitmas –Kubangan Tompek dengan nilai kontrak Rp 4,258 miliar, ruas jalan Sikara-kara I – Sikara-kara II dengan nilai kontrak Rp 4,309 miliar, ruas jalan Sinonoan – Muara Batang Angkola dengan nilai kontrak Rp 2,018 miliar, dan ruas jalan Simpang Tambiski – Sayurmaincat dengan nilai kontrak Rp 3,133 miliar.

Untuk tahun 2022, Elpi berharap Madina mendapat anggaran yang lebih besar lagi untuk pembangunan infratstruktur jalan dan jembatan, sehingga masyarakat dapat melihat hasil pembangunan dan merasakan manfaatnya.

Elpi mengatakan untuk tahun 2022, pemerintah pusat akan mengucurkan DAK  sebesar Rp 44 miliar untuk peningkatan kualitas infrastruktur jalan di Madina.

DAK tersebut akan digunakan untuk pendanaan sebanyak 17 proyek peningkatan kualitas jalan yang sudah mendapat persetujuan dari Bappeda Sumatera Utara. Namun, penggunaan DAK tersebut masih dalam proses asistensi di Kementerian PUPR.

Untuk seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Utara, DAK tahun 2022 untuk Madina merupakan yang terbesar. Ini berkat sistem pelaporan kita yang tepat waktu dan penyerapan anggaran yang juga cepat, sehingga pemerintah pusat percaya. “Data-data yang dilaporkan juga valid. Tidak ada data-data yang asal-asalan,” pungkasnya.

Reporter: Saparuddin Siregar

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi