Hak Cipta @Redaksi

Sempat Tak Penuhi Kuota Perempuan, PBB Akhirnya Penuhi Syarat Verifikasi Faktual

Partai Bulan Bintang ( PBB) akhirnya dinyatakan memenuhi syarat verifikasi faktual di tingkat pusat oleh Komisi Pemilihan Umum pada Minggu (28/1/2018). Pihak KPU yang hadir adalah Ketua KPU Arief Budiman didampingi komisioner KPU Viryan serta Ketua Bawaslu Abhan didampingi komisioner Bawaslu Mochammad Afifudin dan Rahmat Bagja.

Sementara dari PBB hadir antara lain Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra dan Sekjen PBB Afriansyah Noor.

Ketua Bidang Pemenangan Presiden PBB Sukmo Harsono mengatakan, sebelumnya PBB sempat ditanyakan belum memenuhi syarat (BMS) karena tidak terpenuhinya kuota perempuan.

“Salah satu pengurusnya (perempuan) lupa bawa KTP sehingga sempat dinyatakan BMS,” ujar Sukmo melalui keterangan tertulis, Senin (29/1/2018).

Dalam proses verifikasi, KPU memeriksa keanggotaan pada kepengurusan di tingkat pusat, keterwakilan perempuan di kepengurusan DPP dan domisili kantor. Salah satunya keterwakilan perempuan sebesar 30 persen dari jumlah total pengurus dewan pimpinan pusat.

Sementara itu, kata Sukmo, untuk syarat pengurus KSB dan ijin domisili telah memenuhi syarat. Akhirnya, pada pukul 15.00 WIB, pengurus tersebut datang ke KPU membawa bukti KTP dan kartu anggota.

Sehingga status kuota wanita menjadi memenuhi syarat,” kata Sukmo.

Sukmo mengatakan, Arief menyampaikan ucapan terima kasih karena PBB bersedia diverifikasi faktual pada hari pertama. Ucapan itu disambut Yusril bahwa PBB telah bekerja dengan baik di semua tingkatan dan siap diverfak di seluruh daerah.

“PBB telah siap mengahadapi pemilu 2019 dan membuka pendaftaran Caleg di semua tingkatan,” kata Sukmo.

Sumber : kompas.com

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...