Sigit Sebut Tingkat Kepercayaan terhadap Polri Capai 86,5 Persen

Sigit Sebut Tingkat Kepercayaan terhadap Polri Capai 86,5 Persen

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Jakarta, StartNews – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri pada 2021 sebesar 86,5 persen. Angka ini meningkat dibanding tahun sebelumnya, yakni 70,5 persen berdasarkan hasil survei Litbang Kompas.

Sigit menyebut peningkatan itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Alvara Strategi Indonesia pada tahun 2021

“Alhamdulillah, hasil tersebut memberikan semangat bagi kami untuk terus bertransformasi menjadi institusi yang lebih baik. Menjadi Polri yang kini semakin dipercaya,” kata Sigit dalam keterangan tertulisnya saat memperingati HUT ke-75 Bhayangkara, Kamis (1/7/2021).

Selanjutnya, tingkat kepuasan Polri mencapai 82,3 persen atau meningkat dari tahun sebelumnya 78,8 persen berdasarkan survei Alvara Strategi Indonesia. Lembaga Charta Politika Indonesia menyatakan Polri menduduki peringkat ketiga dengan kinerja terbaik dari lembaga tinggi pemerintah (tahun 2018 dan 2019, Polri menempati peringkat keempat).

Prestasi lainnya adalah menjadi peringkat pertama lembaga penegak hukum dengan kinerja terbaik (naik level dari peringkat ketiga pada tahun sebelumnya).

Menurut lembaga Cyrus Network, Polri menempati urutan pertama dalam penegakan hukum yang paling dipercaya masyarakat dengan skor 86,2%, meningkat dari tahun sebelumnya (survei dari Litbang Kompas menempatkannya di 70,8%).

Divisi Litbang Polri mencatat peningkatan Indeks Kepercayaan Masyarakat terhadap Polri pada 2021 mencapai 83,14, skor tertinggi sejak tahun 2015.

“Peningkatan kepuasan terhadap kinerja Polri dan kepercayaan terhadap Polri merupakan hasil kerja keras kami. Kita harus bersyukur dan mendorong Polri untuk lebih baik lagi dalam melayani masyarakat”, kata Sigit.

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini juga mengatakan capaian Polri selama ini bukanlah akhir, melainkan awal dari program transformasi menuju presisi Polri.

“Kedepan kita harus konsisten dan meningkatkan kinerja kita agar dapat mengubah citra Polri sesuai harapan masyarakat, yaitu menjadi Polri yang dekat dengan masyarakat dan menjawab pembangunan kawasan strategis yang lebih cepat dan tidak pasti,” ujarnya.

Reporter: Rls

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi