Status Desa Mandiri dan Maju di Madina Bertambah, Ini Data Lengkapnya

Status Desa Mandiri dan Maju di Madina Bertambah, Ini Data Lengkapnya

Panyabungan, StartNews – Jumlah desa berstatus mandiri dan desa maju di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bertambah tahun ini.  Selain berdasarkan pencapaian prestasi tahun lalu, penambahan jumlah desa mandiri dan desa maju itu juga dampak pembangunan yang masif di seluruh desa di Kabupaten Madina.

“Ada target perencanaan status desa di Kabupaten Mandailing Natal meningkat dibandingkan tahun lalu. Minimal ada penambahan dari status desa mandiri serta desa berkembang menjadi desa maju,” kata Kobol Nasution, Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Bidang Pelayanan Sosial Dasar (PSD).

Kobol menjelaskan, kenaikan status desa tersebut berkat penggunaan anggaran alokasi dana desa (ADD), dana desa (DD), Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi, dan berbagai sumber pendapatan lainnya melaui PAD Desa.

Kobol Nasution, Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Bidang Pelayanan Sosial Dasar (PSD).

Berdasarkan data pengukuran pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2021, status IDM di Kabupaten Madina didominasi desa tertinggal sebanyak 203 desa (55,85%). Sementara status desa mandiri sebanyak tiga desa (0,80%), desa maju sebanyak 17 desa (4,51%), desa berkembang sebanyak 111 desa (29,44%), dan desa sangat tertinggal sebanyak 43 desa (11,42%).

“Ada peningkatan signifikan perkembangan status desa dari tahun 2020,” ungkap Kobol.

Berdasarkan data tersebut, menurut dia, Kabupaten Mandailing Natal menaikkan target status desa tersebut pada 2021. “Angka IDM Kabupaten Mandailing Natal di tahun ini cukup menjadi modal besar dalam perencanaan di tahun 2022. Diharapkan tahun depan ada peningkatan lebih signifikan lagi,” imbuhnya.

Kobol menegaskan, TA PSD P3MD yang bertangungjawab mengoordinasi para pendamping profesioanal se-Kabupaten Mandailing Natal bertekad lebih tekun lagi mendampingi dan mengawal langsung peng-input-an data-data sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Dia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para kepala desa, sekdes, dan stakeholder lainnya yang telah berpartisipasi menyukseskan pemutakhiran pengukuran data IDM tahun 2021.

Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goal (SDGs) Desa diukur berdasarkan tiga indeks: Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

Editor: Saparuddin Siregar

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi