Suci Fadilah Lubis Raih Juara I Porsadin Nasional

Panyabungan, StArtNews – Suci Fadilah Lubis, siswa MDTA asal Mandailing Natal berhasil meraih juara I tingkat Nasional pada penyelanggaraan Pekan Olahraga Madrasah Diniyah (Porsadin) ke-IV Tingkat Nasional yang digelar di Provinsi Bangka Belitung, dari 24-27 Oktober 2019.

Suci Fadilah Lubis meraih prestasi terbaik sebagai juara I pada cabang Murottal Wal Imla putri, dengan menggungguli peserta lainnya dari 34 Provinsi yang mengikuti arena Porsadin ini. Suci Fadilah juga merupakan satu-satunya siswa MDTA dari Provinsi Sumatera Utara yang meraih medali emas atau juara pertama.

Hal ini disampaikan pimpinan PKDT Mandailing Natal, M. Ludfan, di dampingi Sekretaris, Syukur Saleh, S.Pd.I, Senin (28/10).

Suci Fadilah Lubis merupakan santri dari Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Nurul Tsamarat Desa Panyabungan Jae, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal.

“Suci Fadilah Lubis sampai saat ini telah hafal alquran lebih dari 3 juz. Kita berharap hafalannya akan terus bertambah,” ucap Syukur Saleh.

Ditambahkannya, kafilah Sumatera Utara selain meraih juara I pada cabang murottal wal ima, para santri juga meraih prestasi pada beberapa cabang yang diperlombakan, yaitu bulu tangkis putra juara III, bulu tangkis putri juara III, tahfiz putri juara harapan II, tenis meja putra harapan III, pidato bahasa arab putri harapan III, dan murottal wal imlak putra harapan III.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal, H. Ikhwan Siddiqi, M.Pd, menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Suci Fadilah Lubis yang telah mengharumkan nama baik Mandailing Natal sebagai kota santri, dan Provinsi Sumatera Utara atas prestasi yang diraihnya.

Beliau juga menyampaikan penghargaan kepada santri-santri yang menjadi duta Sumatera Utara pada Porsadin Tingkat Nasional tahun 2019 ini baik yang telah menorehkan prestasi maupun yang belum.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, 5 Siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDTA) asal Kabupaten Mandailing Natal jadi utusan Provinsi Sumatera Utara dalam mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah Nasional (Porsadinas) di Provinsi Bangka Belitung.

Ke-lima orang itu adalah Suci Fadilah asal Panyabungan Jae (Murattal Wal Imla), Masitoh asal Kotanopan (Pidato Bahasa Arab) dan Nurkaedah, Nurul Azizah dan Munawir asal Kotanopan (Cerdas Cermat).

Mereka berangkat, Senin malam lalu (21/10) dari Medan bergabung dengan peserta lainnya dari Provinsi Sumatera Utara untuk mengikuti Porsadinnas yang berlangsung dari tanggal 23-27 Oktober 2019.

Reporter: Lokot Husda

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi