Sungai Batang Gadis Mengkhawatirkan

Panyabungan.StArtNews- Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara sejak siang tadi sampai malam ini membuat  Debit air sungai batang gadis meninggi, Kondisi bendungan aek godang  panyabungan malam ini menunjukkan tanda tanda mengkhawatirkan, debir air dari Pantauan StArtNews sudah diambang batas normal atau tingkat Waspada karena air  hampir mendekati badan jembatan.

Sejumlah petugas pemantau bendungan pun terlihat sibuk memantau kondisi debir air di bendungan aek godang, pihak Polsek Panyabungan juga ikut melakukan pemantauan dan menyampaikan informasi tingginya debit air ke beberapa wilayah yang berada disepanjang sungai batang gadis.

Sementara itu, tingginya debit air sungai batang gadis telah merendam pasilitas umum di Komplek STAIN Panyabungan, sejumlah rumah penduduk terendam banjir, para pelajar yang berasrama di SMA 2 Plus panyabungan mulai di ungsikan.

Tingginya debit air sungai batang gadis juga mengancam warga desa Huta Godang Muda, warga di desa tersebut dikabarkan sudah mulai mengungsi karena air sudah masuk ke pemukiman penduduk akibat luapoan sungai batang gadis.

Kondisi sungai Aek Mata sendiri seperti dilaporkan reporter StArtNews putra Saima, air sudah mulai meluber ke pemukiman penduduk yang beradandi sepanjang sungai aek mata, desa yang sudah terendam banjir seperti dikabarkan adalah Desa manyabar dan adion jior serta kayu jati.

Sementara di Kecamatan Huta Bargot dikabarkan, Desa Pancinaran, Hutarimbaru dan Pasarakat juga kebanjiran .

Di Kecamatan Kota Nopan, Reporter StArtNews Lokot Husda lubis mengabarkan ruas jalan nasional tepatnya di Saba Pasir, kondisi jalan amblas tergerus air sungai batang gadis, bagi pengguna jalan diharapkan agar extra hati hati, karena badan jalan dikabarkan sudah hampir setengah tergerus air sungai, apabila jalan tersebut amblas dipastikan jalur tengah lintas sumatera akan lumpuh total.

Sementara kabar terkini yang diperoleh StArtnews di Simpang Gambir, Kecamatan Lingga Bayu , air sungai batang natal yang masuk ke pemukiman penduduk sudah mencapai leher orang dewasa, sebagian besar warga tidak dapat menyelamatkan harta bendanya, warga saat ini sudah diungsikan ketempat yang lebih aman.

di Desa Tapus sendiri dikabarkan puluhan rumah sudah terendam banjir dari luapan sungai batang natal, warga saat ini sudah mengungsi ketempat yang lebih aman.

Tim Redaksi StArtNews

 

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi