Tahun Ini Direncanakan, Desa Aek Banir dan Sipapaga Akan Nikmati Air Bersih

Panyabungan.StArtNews- Warga Desa Aek Banir dan Sipapaga di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara sudah mulai bernafas lega setelah Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution yang didampingi Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Perkim dan Kepala Kantor Tirta Madina meninjau langsung sumber mata air bersih yang akan dialirkan masuk ke rumah rumah penduduk dua  Desa tersebut.

Seperti diketahui bahwa, puluhan tahun sudah, dua Desa tersebut yakni desa Aek Banir dan Sipapaga tidak pernah menikmati air bersih, mereka hanya memanfaatkan sumber air sungai batang gadis untuk kebutuhan cuci, mandi, kakus. Kondisi ini terjadi akibat tidak adanya sumber air bersih di desa mereka karena berada di daerah perbukitan.

Setelah Bupati Drs. Dahlan Hasan Nasution pada Kamis pagi 21/02 mengunjungi Desa tersebut dan melihat langsung sumber mata air bersih yang berada di perbatasan Desa Aek Banir dengan Desa Tambangan, di hadapan masyarakat yang mendampingi kunjungan kerja beliau, Bupati menargetkan tahun ini, rumah rumah penduduk di dua desa itu akan dialiri air bersih.

“ dari sumber air bersih yang sudah kita pantau, saya yakin, tahun ini, seluruh rumah yang ada di dua desa akan dialiri air bersih sehingga warga tidak lagi susah untuk mandi , Cuci dan Kakus ke sungai batang gadis, tiap rumah nanti sudah bisa ada kamar mandinya setelah proses pembangunan bak penampungan dan pembanguna saluran airnya selesai. “ kata Drs. Dahlan Hasan Nasution.

Saat ini kata Bupati Mandailing Natal, pihak nya akan berkordinasi dulu dengan pihak Kejaksaan dan Badan Pemeriksa Keuangan apakah  ketika sumber dana Tanggap Darurat dialokasikan untuk pembangunan jaringan air bersih ini menyalahi atau tidak.kalau tidak menyalahi tahun ini sesuai rencana , waduk dan saluran pipa ke pemukiman penduduk akan dibangunkan.

Rencana pembangunan  waduk dan pemasangan pipa air bersih ke pemukiman penduduk tersebut pun disambut baik oleh masyarakat desa, Kepala Desa Aek Banir Darwis  pada StArtNews mengatakan, menikmati air bersih seperti pedesaan di Mandailing Natal pada umumnya sudah lama ingin dinikmati masyarakat, beberapa kalai musrembang desa sudah kerap diusulkan ke Pemerintah untuk pembangunan waduk dan pemasangan pipa air bersih ke pemukiman penduduk, namun baru ditangan Bupati Drs. Dahlan Hasan Nasution, impian warga ini insya Allah akan terwujud.

Sesuai hasil surfai yang dilakukan Pemda didampingi masyarakat, Bupati telah berjanji tahun ini akan merealisasikan impian masyarakat tersebut, namun terkait pengalokasian anggaran tegas Darwis, Bupati masih melakukan kordinas dengan pihak terkait agar proyek air bersih ini bisa segera terwujud di tahun ini.

Redaksi StArtNews

 

 

 

 

 

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi