Tanggul Jebol, Puluhan Hektare Sawah Rusak di Desa Panyabungan Jae

Foto: Kondisi Sawah Akibat Genangan Air di Panyabungan Jae.

Panyabungan, StArtNews-Para petani di Kabupaten Mandailing Natal mengalami kerugian cukup besar karena genangan air dan hama yang menyebabkan tanaman padi rusak dan mati.

Kerusakan tanaman padi akibat genangan air dialami petani di lokasi persawahan di belakang Rumah Potong Hewan, Panyabungan Jae, Kecamatan Panyabungan, Mandaiiling Natal.

Genangan air itu terjadi karena tanggul irigasi di kawasan persawahan daerah itu rusak akibat tingginya curah hujan beberapa hari lalu. Sehingga sungai Sipolu-polu yang mengairi persawahan di kawasan itu meluber dan menggenangi puluhan hektare sawah.

Sarina (45), salah satu petani di kawasan itu mengungkapkan, selama 4 hari tanaman padi di lahan miliknya tergenang air. Genangan itu menyebabkan kerusakan tanaman padi.

“Kejadiannya itu sudah ada sekira empat hari yang lewat akibat tanggulnya jebol. Kalau tidak salah malamnya terjadi hujan deras,” katanya, Rabu (08/07).

Sarinah juga mengatakan, genangan air tidak hanya menimpa sawah miliknya. Puluhan hektare sawah di lokasi itu juga ikut tergenang.

Dia berharap pemerintah melakukan perbaikan tanggul irigasi yang rusak pascacurah hujan tinggi beberapa hari yang lalu.

“Maunya pemerintah meninjau lokasi sawah kami yang tergenang agar secepatnya tanggul itu diperbaiki atau solusi yang lain. Supaya kami bisa kembali bersawah seperti biasanya,” katanya.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi