Ternyata Gaji TKS Sudah Dicairkan Keuangan, Namun Belum Disalurkan Pendidikan Madina

Foto: Ilustrasi

Mandailing Natal. StArtNews – Gaji guru honorer TKS di Mandailing Natal (Madina) untuk akhir tahun 2019 masih terkatung-katung pembayarannya.

Padahal Dinas Keuangan Madina sudah mencairkannya. Namun, Dinas Pendidikan Madina belum menyalurkannya ke guru TKS yang ada di Madina.

Dari pernyataan Kepala Bidang Perbendaharaan Keuangan Madina, Tunggul mengatakan soal anggaran tahun 2019 sudah selesai alias tutup buku.

“Termasuk gaji pegawai honorer maupun itu guru TKS sudah dibayarkan ke rekening masing-masing SKPD,” ujar Tunggul beberapa hari lalu di ruang kerjanya.

Namun untuk pembuktian pencairan gaji guru TKS yang sudah dikirm ke rekening SKPD harus bisa menunujukan nomor SP2D.

“Karena pemberkasan keuangan yang sudah dicairkan tidak hanya mengurusi dokumen pencairan gaji guru honorer. Jadi harus bisa meyebutkan nomor SP2D-nya agar mudah dicari (datanya) di aplikasi yang ditentukan,” katanya.

Informasi yang dihimpun, gaji guru honorer TKS di tahun 2019 yang belum dibayarkan oleh Dinas Pendidikan Madina ada satu bulan bahkan ada yang mencapai dua bulan.

Bendahara Dinas Pendidikan Madina, Surniati yang dikonfirmasi oleh wartawan, Selasa (18/02) berseloroh masalah gaji guru honorer TKS yang belum dibayarkan karena ada pemeriksaan oleh Inspektorat Madina.

Bahkan Surniati mengakui penundaan pembayaran gaji guru TKS atas perintah dari Inspektorat Madina.

Saat ditanya mengenai nama pegawai dari Inspektorat yang memerintahkan gaji guru honorer TKS ditunda pembayarannya, Bendahara Dinas Pendidikan itu enggan menyebutkannya.

“Saya tidak mau menyebutkan namanya, pokoknya perintah itu dari Inspektorat lo,” ucapnya seraya tertawa kecil.

Surniati mengakui  gaji guru honorer TKS masih standby di rekening Dinas Pendidikan Madina.

“Kalau nanti urusannya (di Inspektorat) baru bisa dicairakan,” ungkapnya.

Namun, Surniati tetap berkelekar mengenai permasalahan gaji guru honorer TKS di Madina yang belum dibayarkan agar langsung ditanyakan kepada Kepala Dinas Pendidikan Madina.

“Untuk detailnya bagusnya bicara langsung ke Kepala Dinas Pendidikan. Karena saya punya atasan, ” tegasnya sembari memanggil staf Dinas Pendidikan yang bernama Pahmi.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Madina  saat coba dikonfirmasi tidak berada di ruang kerjanya. Informasi yang diperoleh dari ajudan, Kepala Dinas Pendidikan Madina sedang melakukan rapat.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi