Tiap Hari, Warga Thailand Nyanyikan Lagu Kerajaan untuk Mendiang Raja

Tiap Hari, Warga Thailand Nyanyikan Lagu Kerajaan untuk Mendiang Raja

thailand

Sudah seminggu lebih Raja Bhumibol Adulyadej mangkat. Kepergiannya menyisakan duka mendalam bagi seluruh rakyat Thailand.

Raja Bhumibol Adulyadej mangkat setelah 70 tahun bertahta. Pemerintah Thailand menyatakan masa berkabung 1 tahun untuk sang raja.

Dilansir dari berbagai media, Minggu (23/10/2016), masyarakat Thailand kemudian banyak yang memakai pakaian berwarna hitam dan putih di masa berkabung ini. Mereka lalu banyak berkumpul di luar istana kerajaan Thailand, Bangkok Grand Palace untuk menyanyikan lagu kerajaan.

Lagu kerajaan tersebut berjudul Sansoen Phra Barami atau Sanrasoen Phra Barami. Biasanya lagu kerajaan ini diputar sebelum acara-acara di Thailand dimulai seperti di bioskop, bersamaan dengan video kehidupan sang raja. Raja Bhumibol merupakan simbol perdamaian bagi rakyat Thailand.

Polisi menyatakan semenjak raja mangkat, sekitar 150 ribu orang berkumpul di depan Bangkok Grand Palace. Di luar istana, masyarakat Thailand ada yang menaruh bunga atau pun menyalakan lilin di kala malam sambil bernyanyi lagu kerajaan.

Banyak air mata menetes tatkala masyarakat menyanyikan lagu kerajaan. Mereka mengenang sosok raja yang dicintai.

Momentum yang terjadi tiap hari itu kemudian membuat sutradara film Thailand, Chatrichalerm Yukol, membuat rekaman yang istimewa. Dia pun menghadirkan 100 musisi orkestra dan juga 100 orang paduan suara yang bernyanyi bersama warga Thailand yang menggunakan kostum hitam.

Rencananya, hasil rekaman ini akan diedit dan dipergunakan untuk diputar di televisi serta bioskop-bioskop seluruh Thailand. Saat menyanyikan lagu kerajaan, masyarakat banyak yang mengangkat foto, poster dan juga uang bergambar Raja Bhumibol Adulyadej.

Sumber            : detik.com

Editor              : Hendra Ray

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...