Toge Panyabungan dan Gunung Sorik Marapi Wakili Pesona Wisata Madina di Ajang API 2021

Toge Panyabungan dan Gunung Sorik Marapi Wakili Pesona Wisata Madina di Ajang API 2021

Panyabungan, StartNews – Dinas Pariwisata Mandailing Natal (Madina) mengusung toge panyabungan (penganan khas Madina) dan Puncak Gunung Sorik Marapi sebagai daya tarik wisata kabupaten ini di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021.

Dua daya tarik wisata Madina dari subsektor wisata kuliner dan wisata olahraga itu akan bertarung merebut vote (pilihan) masyarakat di ajang API 2021 yang berlangsung pada Juli hingga 31 Oktober 2021.

Vote dua ikon wisata Madina itu dapat dilakukan melalui layanan pesan singkat (short mesage service/SMS). Pemilihan dilakukan dengan mengetik API 7B  (hiking Sorik Marapi) dan API 2J (toge panyabungan) dan dikirim ke 99386.

Kepala Dinas Pariwisata Madina Ahmad Yasir Lubis mengatakan pihaknya memilih toge panyabungan sebagai makanan terfavorit dan puncak Gunung Sorik Marapi sebagai wisata olahraga untuk diperlombakan di ajang API 2021. “Toge merupakan makanan khas Mandailing yang sudah menjadi indentas,” katanya, Senin (30/8/2021).

Menurut dia, toge panyabungan merupakan kuliner khas Mandailing Natal yang disukai banyak orang, bahkan sudah menjadi identitas kuliner Mandailing Natal.

“Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk melestarikan dan mengembangkannya. Momentum API tahun ini harus kita manfaatkan untuk menjaga eksistensi dan selanjutnya mengenalkan secara nasional,” paparnya.

Dengan begitu, dia berharap toge panyabungan dapat menjadi kuliner yang mampu mengangkat ekonomi pelaku UMKM, terutama para pembuat toge panyabungan. “Kuliner khas ini dapat disajikan kepada wisatawan yang berkunjung ke Mandailing Natal,” katanya.

Begitu juga dengan puncak Gunung Sorik Marapi. Ahmad Yasir Lubis mengatakan hiking Sorik Marapi merupakan jenis wisata khusus, terutama bagi pecinta alam dan masyarakat yang tertarik pendakian gunung.

“Jenis wisata ini banyak diminati kaum milenial yang ingin menunjukkan eksistensi dan kecintaannya untuk Mandailing Natal,” ungkapnya.

Di jalur pendakian ke puncak Gunung Sorik Marapi, menurut dia, tersaji panorama alam Mandailing Natal yang indah. “Kita akan terus bekerja memenuhi kekurangan sarana bagi para pendaki. Tentunya dengan harapan memberi manfaat positif secara ekonomi, social, dan budaya bagi masyarakat yang dilewati, dalam hal ini Desa Sibanggor Julu,” katanya.

Reporter: Ahmad Sabar Pulungan

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi