Upacara HAB ke-75 di STAIN Madina, Sejumlah Pegawai Dapat Satya Lencana

Panyabungan, StArtNews-Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina) menggelar upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama Republik Indonesia di lapangan Kampus STAIN, Selasa (5/1).

Upacara ini diikuti oleh seluruh dosen, pegawai, staf dan pramubakti di satuan kerja (Satker) STAIN Madina. Sementara Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S didaulat sebagai pembina upacara.

Dalam arahannya, Dr. Torkis membacakan sambutan Menteri Agama, H. Yaqut Cholil Qoumas dengan tema “Indonesia Rukun”.

Beberapa poin dalam sambutan itu di antaranya adalah pentingnya pengembangan toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Hal ini merupakan karya bersama para tokoh agama, para menteri agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa.

Cholil Qoumas dalam pidato yang dibacakan Ketua STAIN menjelaskan tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Toleransi dan kerukunan antar umat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama. Selanjutnya, di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas. Dengan demikian, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing. Artinya, hak seseorang dibatasi oleh hak-hak orang lain.

Qoumas juga menyampaikan semangat Kementerian Agama baru yakni, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, penguatan moderasi beragama dan persaudaraan yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Dr. Torkis Lubis berharap seluruh karyawan dan karyawati Kemenag RI di Satker STAIN Madina mampu menerapkan dan merealisasikan harapan dari Menteri Agama RI.

“Mudah-mudahan kita semua diberikan kesehatan, kekuatan serta kebersamaan untuk mewujudkan harapan para pemimpin kita. Mari terus berkarya untuk bangsa, Negara dan agama,” ujar Torkis melansir laman resmi STAIN Madina.

Pada kesempatan itu, Ketua STAIN Madina juga memberikan Satya Lencana kepada sejumlah pegawai yang telah mengabdi 10-20 tahun di Kementerian Agama.

Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi