Warga Desa Hutabargot Lombang Protes Terkait Dana Desa Digunakan Tidak Transparan

Panyabungan.StArtNews- Ratusan Warga satu Desa Huta Bargot lombang Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Pada Senin malam 21/01/18, sekira Pukul 21:00WIB melakukan protes terhadap penggunaan Anggaran Dana Desa yang tidak transparan.

Protes warga Desa muncul setelah  kepala desa Amiruddin Pulungan tidak bisa menjelaskan penggunaan anggaran Dana Desa pada pembelian Hewan ternak untuk peningkatan kesejahteraan Desa yang Dananya dikelola berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa disaat musyawarah desa dilaksanakan.

Husnan sebagai tokoh masyarakat  Desa Hutabargot lombang saat dikonfirmasi mengatakan, warga protes untuk mempertanyakan Anggaran Dana Desa yang diberikan Pemerintah khususnya anggaran Dana yang dikeloka untuk hewan ternak yang berupa Ayam dan Bebek.

Namun kepala desa saat dipertanyakan tidak mengetahuinya serta tidak bisa menjawab dengan jelas, dan untuk musyawarah penggunaan Dana Desa hanya dilakukan perkelompok di rumahnya, bahkan  masyarakat tidak pernah mengetahui hasil musyawarah  penggunaan Dana Desa di desanya.

Sementara kepala Desa Amiruddin Pulangan mengakui selama ini salah menyampaikan  resepsi Bunga Desa, Namun hanya tentang pertambahan  anggaran Dana Desa  sekitar Rp 140 juta  untuk diberdayakan masyarakat di Anggaran Pendapatan Belanja Desa yang sudah diprogaramkan berupa hewan ternak,  2 ekor Itik dan 3 ekor Ayam per keluarga untuk peningkatan perekonomian desa bahkan warga lebih memilih uang tunai, katanya.

 

Perotes warga merelai setelah pihak kepolisian membawa kepala desa untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi