Warga Dilatih Pengolahan Pakan Ternak dan Pupuk Anorganik Cair

Sosialisasi pembuatan pengolahan pakan ternak, pupuk anorganik cair desa Rumbio.

Panyabungan, StArtNews- Melalui program pemberdayaan masyarakat dana desa (DD) warga Desa Rumbio Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dilatih tata cara pengolahan pakan ternak , pupuk organik cair di aula kantor desa itu, Senin (5/2).

Pelatihan itu langsung disampaikan Monang Nasution seorang penemu pembuatan pupuk kompos, organik dan bahan lain dibidang pertanian peternakan.

Monang dihadapan peserta mengatakan bahan yang dibutuhkan antara lain Ubi, rumput, dedaunan dan campuran lain dicampur kemudian dipermentasi dan akan menghasilkan pakan ternak alami.

Sementara untuk pembuatan pupuk organik cair berbahan urin ternak, kotoran ternak, air kelapa, ubi, bonggol pisang dan bahan lain. “Bahan ini disesuaikan takaran dipermentasi dan akan menjadi pupuk organik cair. Ini sudah lama kita terapkan pada tanaman pertanian maupun perkebunan, “ujarnya.

Kepala Desa Rumbio Khairul Anwar Hasibuan kepada Reporter StArtNews di sela kegiatan mengatakan masyarakat Rumbio pada umumnya petani, peternakan dan perkebunan sehingga sangat membutuhkan sosialisasi pembuatan pakan ternak, pupuk anorganik /kompos. Dan kegiatan tersebut sudah melalui musyawarah desa.

“melalui pelatihan tersebut kita berharap masyarakat terbantu untuk pakan ternak dan pupuk anorganik cair, sehingga produksi meningkat ekonomi  masyarakat meningkat, “harapnya.

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi