Warga Masih Ramai Mengunjungi Sampuraga

Panyabungan Barat, StArtnews-Objek wisata legenda Sampuraga yang terdapat di Desa Sirambas Kec. Panyabungan Barat, Kabupaten Mandailing Natal menjadi alternatif tujuan wisata baru bagi warga Mandailing Natal di tahun 2020 ini.

Sebelumnya, obyek wisata ini memang sudah ada. Namun belum tertata dengan baik. Setelah objek wisata legenda Sampuraga ini selesai direnovasi tanggal 20 Mei 2020 lalu oleh Bupati Mandailing Natal, Drs. Dahlan Hasan Nasution puluhan ribu warga Mandailing Natal diprediksi akan mengunjungi tempat ini.

Utamanya saat 2 hari lebaran sampai seminggu lebaran nantinya. Umumnya, warga penasaran ingin melihat secara langsung perubahan renovasi yang dilakukan.

Pantauan StArtNews, hari Rabu (27/5) saja, ribuan orang masih mengunjungi tempat ini. Umumnya mereka datang dari berbagai penjuru daerah di Mandailing Natal.

Bahkan di antara pengunjung ada yang datang dari Padangsidempuan dan tempat Pantai Barat. Para pengunjung ini datang membawa rombongan keluarga untuk merayakan Idulfitri secara bersama-sama.

Di objek wisata ini, selain melihat secara langsung tempat legenda Sampuraga yang durhaka kepada ibunya, pengunjung juga bisa merebus telur di air panas yang kolamnya sudah dibuat pagar pembatas.

Pagar ini selain untuk memperindah lokasi wisata juga dimaksudkan untuk pengaman bagi pengunjung agar tidak jatuh ke kolam, terutama anak-anak.

Rata-rata warga merebus telur dengan dibungkus plastik terlebih dahulu dan dibuat tangkainya semacam joran pancing agar memudahkan mencapai air Panas di tengah kolam. Selang beberapa menit, telur akan matang dan siap untuk dimakan. Untuk mendapat telur ini, pengunjung hanya membeli di warung atau tempat jualan yang ada di lokasi.

Di tempat ini juga tersedia tempat mandi untuk anak anak. Arus sungai yang tidak begitu deras sangat cocok untuk tempat anak-anak mandi.

Di seputaran Daerah Aliran Sungai (DAS) ini juga terdapat beberapa pondok untuk peristirahatan bersama keluarga. Sedangkan akses jalan mulai dari Panyabungan sampai di lokasi tergolong bagus.

Pemerintah juga menyediakan Musala Nurul Azmi dan pendopo yang direncanakan untuk hafiz Quran nantinya.

Parkiran yang disediakan pun tergolong luas dan banyak warga yang berjualan sehingga memudahkan pengunjung jika ingin rehat atau makan.

Reporter: Lokot Husda

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi