Webinar Internasional, Ketua STAIN Madina: Generasi Muda Harus Bangga Menggunakan Bahasa Mandailing

Panyabungan, StArtNews-Webinar Internasional Bahasa Mandailing yang digelar STAIN Mandailing Natal (Madina) dengan menghadirkan Prof. Uli Kozok sebagai pemateri berjalan sukses.

Giat yang dilaksanakan di Bagas Godang Madina ini pada Senin (8/3) diharapkan mampu mendorong penggunaan bahasa Mandailing pada generasi muda. Terlebih, belakangan bahasa Mandailing mulai tergerus modernisasi.

Ketua STAIN Madina, Dr. Torkis Lubis yang didaulat sebagai salah satu nara sumber menyampaikan materi dengan judul “Bahasa Dunia dan Bahasa Mandailing”. Torkis berharap dan menekankan kepada generasi muda untuk bangga menggunakan bahasa Mandailing.

Sementara itu, Prof. Uli Kozok memaparakan perkembangan Bahasa dan kosa kata Mandailing pada awal masuk Belanda ke Mandailing sekitar tahun 1830-an.

Uli Kozok menerangkan banyak kosa kata yang telah hilang dan tak lagi dipakai penutur bahasa Mandailing.

Sejalan dengan itu, Budayawan Mandailing, Drs. Askolani Nasution menyampaikan keprihatinannya terhadap penggunaan bahasa Mandailing terkait dengan punahnya beberapa bahasa di dunia dan Indonesia.

“Bahasa Mandailing terus berkembang. Namun, di sisi lain, sudah banyak kosakata yang punah karena perkembangan zaman. Menurut penelitian UNESCO, 3000 bahasa Punah di dunia, dan ada 18 bahasa daerah di Indonesia yang terancam punah tahun ini. Semoga saja bukan bahasa Mandailing. Tugas kita untuk melestarikan agar bahasa Mandailing tetap bertahan dan memperkaya khazanah bangsa,” harapnya.

Menegaskan hal tersebut, Dr. Daud Batubara, M.Si. selaku Pengamat sosial budaya Mandailing menyampaikan bahwa salah satu penyebab menurunnya eksistensi bahasa Mandailing adalah karena modernisasi.

Untuk itu ia mendorong instansi terkait dan yang peduli dengan ihwal ini untuk menggelar kegiatan yang bisa melestarikan Bahasa Mandailing seperti mengadakan lomba-lomba berbahasa Mandailing, baik itu menulis puisi cerpen, film atau hal lainnya.

Reporter/Editor: Roy Adam

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi