Hak Cipta @Redaksi

140 Relawan Dapat Pelatihan Bencana

START NEWS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) melatih sebanyak 140 relawan yang dipersiapkan dalam rangka regu penanggulangan bencana. Langkah ini dilakukan mengingat bahwa daerah Kabupaten Tapsel dikenal rawan bencana seperti banjir.

“Mengingat Tapanuli Selatan termasuk kategori nomor 5 daerah paling rawan di Sumatera Utara, maka kita butuh tim penanggulangan yang cekatan,” kata Pelaksana Kepala Badan BPBD Tapsel, Ahmad Ibrahim Lubis, Kamis (19/5).

Dikatakan, dengan bekal ilmu yang diberikan diharap seluruh peserta akan dapat menularkan ilmu yang didapat selama kegiatan kepada masyarakat daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Ketua Panitia, Golfrid Tobing, selaku Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Tapsel menjelaskan, kegiatan pelatihan ini dimulai, Rabu 18 Mei 2016.

Peserta mendapat pelatihan di PIA Hotel Padangsidimpuan kemudian di lanjut pada 19 Mei 2016 dengan simulasi di lokasi alam Cekdam, Kecamatan Angkola Timur. “Kegiatan ini berjalan berkat APBD 2016,” katanya.

Peserta mendapatkan materi pengenalan karakteristik bencana dengan nara sumber, Tringani Barus, BPDB Provinsi Sumatera Utara. Kemudian materi evakuasi dari nara sumber dari Pos SAR Sibolga, Togar Hutahaean.

“Pertolongan di air, darat dan pemasangan tenda tenda darurat serta pengoperasian perahu karet bermesin temple diajarkan pada peserta,” katanya.

“Targetnya akan tumbuh 14 ribu relawan baru di Tapanuli Selatan dengan rincian setiap relawan merekrut sebanyak 100 orang relawan baru di tengah tengah masyarakatnya nantinya,” kata dia.

Ditambahkan, sampai saat ini tim relawan yang sudah dibentuk dan aktif mendapatkan pelatihan dari BPBD sebanyak 140 relawan dengan rincian 10 Orang per kecamatan se-Tapanuli Selatan.

 

Sumber : HarianMedanBisnis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...