3 Km Jamaah Haji Kab. Madina dari Mina Ke Jamarat

Panyabungan.StArtNews-  Jamaah Haji Kabupaten Mandailing Natal yang tergabung dalam Kloter 3/MES dan berada pada Maktab 14 menempati lokasi di Mina yang jaraknya ke pelontaran Jamarat + 3 km.

Jarak ini  cukup dekat  dan ditempuh dengan bejalan kaki ke Jamarat untuk melakukan pelontaran Jumroh Aqabah pada tanggal 10 Zulhijjah dan Jumroh Ula, Wustha dan Aqabah pada hari  Tasyrik 11, 12 Zulhijjah bagi jamaah haji yang mengambil nafar awal dan hingga tanggal 13 Zulhijjah bagi jamaah haji yang mengambil nafar tsani.

Hal ini disampaikan  Kepala KUA Panyabungan, Sutan Hasibuan yang juga sebagai TPHD Kab. Mandailing Natal yang menyertai Jamaah Haji Mandailing Natal  kepada Humas Kemenag Mandailing Natal Armen Rahmad Hasibuan melalui saluran telepon pada hari Selasa (29/8).

Dikatakannya,  jarak yang cukup dekat ini akan memudahkan bagi jamaah haji Mandailing Natal yang tergabung dalam Kloter 3/MES yang lebih 55% berusia lanjut untuk melaksanakan wajib haji yaitu melontar Jumroh. Bagi jamaah haji yang tidak mempunyai kemampuan dan kesehatan untuk melakukan pelontaran Jumrah sangat diharapkan untuk tidak memaksakan diri, dan sebaiknya diwakilkan melontar Jumroh itu kepada jamaah haji yang lain, petugas kloter, karu dan karom, katanya.

Sutan Hasibuan juga menambahkan bahwa sesuai dengan hasil qurah yang dilaksanakan Maktab 14 yang melayani 7 Kloter Jamaah Haji Indonesia, Kloter 3/MES akan berangkat menuju Arafah pada urutan ke 6 dari 7 Kloter pada Maktab 14, yang diperkirakan berangkat dari Aziziah Makkah bakda shalat Ashar dan waktu keberangkatan ke Arafah ini sangat memudahkan dan menguntungkan bagi jamaah haji Kabupaten Mandailing Natal dalam mempersiapkan diri dan melaksanakan rangkaian amalan-amalan atau hal-hal yang disunatkan sebelum berihrom, ujarnya.

Demikian juga halnya keberangkatan jamaah haji Kabupaten Mandailing Natal dari Arafah menuju Muzdalifah diperkirakan bakda shalat Isya pada tanggal 9 Zulhijjah, dan dari Muzdalifah menuju Mina diperkirakan menjelang shalat Subuh pada tanggal 10 Zulhijjah nantinya, ungkap Sutan Hasibuan.

TPHD ini juga menyampaikan kepada jamaah haji Mandailing Natal akan mengambil nafar awal. Artinya jamaah haji Kloter 3/MES ini hanya melontar Jumroh sampai tanggal 12 Zulhijjah dan harus meninggalkan Mina sebelum terbenam matahari pada tanggal 12 Zulhijjah tersebut.

Sesuai dengan hasil survey yang dilakukan Petugas Kloter 3/MES dengan mengikutsertakan TPHD, Karom bersama Kloter yang lain dengan Maktab 14, bahwa lokasi dan kondisi tenda dan tempat Jamaah Haji Kabupaten Mandailing Natal sangat baik dan strategis baik di Arafah maupun di Mina.

Dengan kondisi sarana yang baik ini diharapkan jamaah haji semakin khusuk untuk beribadah, bermunajat dan menunaikan rangkaian ibadah haji yang harus dilakukan, dan sangat dituntut kesabaran, ketawakkalan dan saling membantu setiap jamaah, imbuhnya.

Sutan Hasibuan juga   memohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia utamanya masyarakat Kabupaten Mandailing Natal agar para jamaah haji yang melaksanakan ibadah haji tahun ini khususnya jamaah haji Kabupaten Mandailing Natal diberikan Allah SWT kesehatan, kekuatan, kemudahan dan kesempatan untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji dan meraih haji yang mabrur, ujar Sutan Hasibuan.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...