LABM Surati Bupati Madina

LABM Surati Bupati Madina

Panyabungan,StArtNews-Lembaga Adat Budaya Mandailing (LABM) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menyurati Bupati Madina sekaligus melaporkan seputar hasil penyelenggaraan musyawarah kerapatan adat pada 28 Pebruari 2017 yang dihadiri raja-raja Panusunan, raja-raja pamusuk, raja-raja torbing balok serta kahanggi, mora dan anak boru.

Hasil musyawarah kerapatan adat tersebut antara lain, pergantian logo, perubahan nama dari Badan Pemangku Adat menjadi Lembaga Adat Budaya Mandailing, penyempurnaan AD/ART dan penetapan atau pengukuhan pengurus harian periode 2017 – 2022.

Hal itu sesuai dengan surat LABM nomor : 001/LABM – III/MN/2017 tertanggal 6 Maret 2017 yang ditandatangani oleh Ketua LABM Baginda Mangaraja Soaloon Nasution, Wakil Sekretaris Mangaraja Gunung Nasution dan disetujui Ketua Pengetua Patuan Mandailing Nasution serta Mangaraja Onggara Lubis yang ditujukan kepada Bupati Madina.

Selain itu, LABM yang merupakan mitra Pemkab Madina juga menyampaikan rasa terimakasih atas kepedulian Pemkab Madina membangun Kabupaten Madina. Disamping itu juga LABM menyampaikan bahwa lahirnya Kabupaten Madina tidak terlepas dari pemuka-pemuka birokrat, adat, agama, pemuda dan masyarakat adat lainnya yang pada visi dan misinya dapat memberikan kesejukan, ketenangan, keadilan dan kesejahteraan buat masyarakat pada khususnya.

Dalam isi surat tersebut juga, LABM berpesan agar Bupati dan pemangku kepentingan lainnya untuk dapat mengevaluasi dan menata kembali sosial kemasyarakatan di Bumi Gordang Sambilan.

Untuk menghindari timbulnya hal-hal negatif, LABM meminta agar drama Sibaroar tidak ditayangkan dulu, penarikan kembali buku-buku yang telah beredar yang menceritakan adat dan budaya Mandailing untuk dapat disempurnakan kembali. Pembuatan, pemakaian, penempatan fisik bangunan, paraget, lambang dan nama yang berkaitan dengan adat dan budaya Mandailing dimohonkan untuk dikaji dan dievaluasi kembali dengan yang memiliki kompetensi dan legalitas tentang hal itu, juga untuk Forum Pelestarian Adat dan Budaya sesuai dengan proforsionalnya.

Reporter : Zein Nasution

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

One comment

  1. Marsapa jolo kahanggi, aha di arti ni tombak dohot podang na dilambang LABM ON

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...