Harga Karet Anjlok Dua Minggu Terakhir

Kotanopan.StArtNews-Pasaran harga karet dua minggu terakhir di Pasar tradisional Kotanopan Kab. Mandailing Natal, anjlok di kisaran Rp. 9.500 -10.000. Harga ini turun sekitar Rp. 1.000-1500 di bandingkan dengan harga dua minggu lalu yang mencapai Rp. 11.000.
Mawardi Lubis, salah seorang pengumpul karet di Kotanopan yang di jumpai mengatakan, informasi yang diterimanya penyebab turunnya harga karet ini di tingkat pengumpul karena turunnya harga karet di Pasaran Internasional.
Turunnya harga karet ini otomatis membuat petani karet semakin kelimpungan. Pasalnya, di tengah harga kebutuhan pokok yang semakin naik,  justru harga karet di pasar tradisional justru semakin anjlok.
“Melihat naiknya harga karet dua minggu lalu yang mencapai Rp. 11.000 memang cukup menggembirakan bagi kita. Awalnya kita sudah yakin harga karet ini terus naik, namun kenyataannya tidak,” ujarnya Norma Anita, salah seorang petani karet di Kotanopan
Ditambahkannya, turunnya harga karet ini tentunya berdampak kepada daya beli masyarakat. Lihat saja, kondisi Pasar ini  masih sepi pembeli, sekarang saja sudah jam 12.00, pengunjung masih senyi.
Sedangkan Abdurrhman yang juga salah petani karet mengharapkan agar kiranya Pemerintah ikut berperan  mengontrol harga karet ini agar berpihak kepada petani.
” Di Mandailing Natal, utamanya di Kotanopan hampir 70 persen adalah petani karet. Jadi turunnya harga karet ini sangat berpengaruh kepada ekonomi warga. Semoga Pemerintah lebih arif melihat ini agar harga berpihak kepada petani. Peran Pemerintah untuk menaikkan harga karet sangat kita harapkan ,” ungkapnya.
Reporter : Lokot Husda Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...