Anak-anak Rentan Tertular, Waspadai Mutasi Virus Covid-19 C.1.2

Jakarta, StartNews – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan saat ini Indonesia telah berhasil keluar dari gelombang kedua Covid-19. Meski demikian, dia mengimbau masyarakat tetap mewaspadai beberapa jenis varian baru yang lahir akibat adanya mutasi virus SARS-CoV-2.

“Kita tahu 98 persen virus Covid-19 yang beredar di negara kita ini adalah varian delta, tapi tidak menutup kemungkinan munculnya varian-varian baru yang sudah terdeteksi juga di negara-negara lain,” kata Nadia dalam diskusi virtual, Selasa (14/9/2021).

Nadia mengungkapkan, jenis varian baru yang perlu diwaspadai tersebut telah masuk ke dalam kategori Variant of Interest (VOI). Beberapa varian baru tersebut, yakni varian lambda yang telah dilaporkan oleh sebanyak 42 negara dan varian mu yang juga dilaporkan oleh 49 negara.

“Ada satu lagi sebenarnya, varian C.1.2 yang walaupun memang belum digolongkan, baik itu varian of interest ataupun varian of concern, tapi juga harus kita waspadai, karena memang sudah ada 9 negara yang melaporkan hal ini,” ungkapnya.

Varian baru tersebut, kata dia, dapat menyerang siapapun karena tidak melihat batas usia seseorang ataupun sebuah populasi khusus. Varian tersebut juga sangat rentan dapat menular kepada anak-anak.

“Dia bisa menyerang, mulai dari bayi, balita, orang dewasa, bahkan pada lansia (penduduk lanjut usia). Kita melihat pada usia lansia ini risikonya menjadi lebih tinggi, bahkan pada orang yang memiliki komorbid (penyakit bawaan), begitu juga pada anak-anak,” kata Nadia.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak euforia melihat jumlah kasus aktif di Indonesia yang mulai turun dan sesegera mungkin melakukan vaksinasi untuk dapat memproteksi diri dari berbagai jenis varian yang mulai terdeteksi hingga kawasan Asia Tenggara.

“Tapi ingat, yang paling penting adalah perlindungan terhadap gejala yang berat maupun kematian itu yang diberikan vaksin paling baik, karena dia bisa melindungi kita dari gejala berat dan kematian di atas 95 persen,” tandasnya.

Sumber: RRI

The post Anak-anak Rentan Tertular, Waspadai Mutasi Virus Covid-19 C.1.2 first appeared on Start News.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi