Atasi Perekonomian Petani, Sulhan Ajak Bercocok Tanam Holtikultura

Aktifis Pertanian Mandailing Natal, Sulhan Nasution.

Panyabungan,StArtNews- Niat baik Sulhan Nasution, seorang putra daerah yang perduli terhadap pertanian, telah membuka banyak solusi peningkatan ekonomi dimana jika dikelola dengan baik akan meningkatkan harkat para petani di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Hal itu terpantau dari gerakan aktifis pertanian tersebut, dimana ia gencar memberikan solusi-solusi dalam hal mengatasi keterpurukan harga getah karet di Mandailing Natal, salah satunya bercocok tanam tanaman muda.

Sulhan Nasution kepada StArtNews, Senin (9/10) di Panyabungan menyampaikan, bahwa menanam tanaman holtikultura atau tanaman muda tidak ada putusnya, baik di pekarangan rumah, kebun maupun di arel persawahan. Dia mencontohkan, sebab sebelum menanam tanaman inti (kacang panjang), katanya bisa menabur benih sawi dan bayam, ketika tanaman kacang panjang sudah mengikuti lanjaran bayam maupun sawi sudah siap panen pertama, tinggal menunggu panen kedua kacang panjang.

Setelah panen sudah menurun, bisa lagi katanya ditanam bawang pree atau daun soup untuk panen ketiga, menanam tanaman holtikultura dapat mengurangi dan menanggulangi kebutuhan sayuran di Mandailing Natal.

Juga sama halnya menurut aktifis pertanian yang pernah pelatihan terakhir tingkat nasional “star up ipb-3s” di Institusi Pertanian Bogor (IPB) itu, membudidayakan buah pepaya California punya peluang pasar asal mau bergerak bersama-sama.

Reporter : Zein Nasution

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi