Bupati dan Kakan Kemenag Madina Ajak Ummat Islam Salat Gerhana Bulan

Panyabungan.StArtNews- Berdasarkan Data Astronomi yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) pada tanggal 31 Januari 2018 atau bertepatan dengan 14 Jumadil Ula 1439 H. Diperkirakan awal gerhana bulan mulai pada pukul 18.48 WIB sampai dengan 22.11 WIB, yang puncaknya pada pukul 20.29 WIB.

Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution telah mengeluarkan himbauan kepada seluruh masyarakat Muslim Mandailing Natal untuk melaksanakan shalat gerhana bulan atau khusuf, pada saat Super Blue Blood Moon terjadi pada hari Rabu 31 Januari 2018 ini. Himbauan ini ditandatangani Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, dengan surat edaran bernomor 450/0236/Kesra/2018, tanggal 29 Januari 2018.

Dalam surat edaran tersebut Bupati Mandailing Natal meminta seluruh Camat, Kepala KUA, dan seluruh Lurah dan Kepala Desa untuk menghimbau warga masyarakat Mandailing Natal khususnya ummat Islam untuk melaksanakan shalat gerhana, dzikir dan doa bersama, serta melaksanakan tausiyah mengangungkan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT di masjid-masjid pada puncak gerhana bulan yang diperkirakan pada pukul 20.29 WIB dan akan berakhir pada pukul 21.07 WIB.

Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal Drs. H. Muksin Batubara, M.Pd, juga telah berkoordinasi dan melaporkan kepada Bupati Mandailing Natal tentang fenomena terjadinya Gerhana Bulan. Kemenag juga menyampaikan pada saat terjadinya gerhana bulan akan melangsungkan Shalat Gerhana Bulan atau Shalat Khusuf.

Informasi yang dihimpun StArtNews, di Mandailing Natal akan digelar shalat khusuf di Masjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan, yang akan dihadiri Bupati Mandailing Natal, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, SKPD, ASN, Ormas Islam, pelajar dan umat Islam, dengan imam Drs. H. Muhammad Kholid Nasution seorang Penyuluh Agama Islam, dan Khatib Muhammad Nurdin, S.Pd.I guru Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru.

Kakan Kemenag juga mengintruksikan Kepala KUA agar berkoordinasi dengan Camat dan MUI Kecamatan untuk menggelar shalat gerhana bulan atau salat Khusuf pada saat terjadinya gerhana bulan, dan seluruh ASN Kemenag yang beragama Islam untuk menghadiri dan turut serta melaksanakan Shalat Gerhana Bulan ini.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi