Bupati Madina Apresiasi Petani Pepaya Calina di Panyabungan Barat

Panyabungan Barat, StArtNews-Bupati Mandailing Natal (Madina) Drs. Dahlan Hasan Nasution menghadiri panen raya pepaya Calina IPB-9 di Desa Runding, Kecamatan Panyabungan Barat, Minggu sore (23/8).

Hadir pada panen raya tersebut; Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nasution; Anggota DPRD Madina, Sobir Lubis; Kepala OPD Madina dan kolompok tani se-Kecamatan Panyabungan Barat.

Dalam panen raya itu, Bupati Madina mengapresiasi petani pepaya Calina di Panyabungan Barat yang telah menghasilkan pepaya terbaik.

“Kita sangat apresiasi petani kita di Panyabungan Barat yang mampu memanfaatkan lahan sebaik mungkin, dan saya sangat berbahagia datang ke Desa Runding karena menghasilkan pepaya calina terbaik,” kata Dahlan Hasan.

Bupati merasa sangat bersyukur karena di tengah pendemi Covid-19 petani di Desa Runding tetap giat menanam pepaya calina bahkan bisa menghasilkan 30-40 ton per bulannya.

“Tadi, setelah melakukan panen pepaya calina dan hasilnya cukup memuaskan, dari penyampian kolompok tani tadi setiap bulan di panyabungan barat ini telah menghasilkan 30-40 ton, tentunya hasil ini harus kita syukuri,” ucap Dahlan Hasan

Menurut Bupati Madina, salah satu sektor yang bisa mengangkat perekonomian di tengah pendemi Covid-19 adalah pertanian.

“Di tengah pendemi Covid-19 yang telah membuat perekonomian masyarakat terpuruk, yang bisa untuk mengembalikan perekonomian masyarakat salah satunya pertanian. Alhamdulillah sepanjang desa runding saya lihat banyak pepaya calina, ini salah satu untuk mengembalikan perekonomian masyarakat,” ujar Dahlan Hasan.

Sebelumnya Ketua Kelompok Tani Calina Lestari Desa Runding Putra Lubis menyampaikan saat ini di Panyabungan Barat kebun pepaya Calina IPB-9 kurang lebih 30 hektare.

“Petani pepaya calina IPB 9 di Panyabungan barat ini telah menghasilkan 30-40 ton perbulan dengan luas lahan 30 hektare,” sebutnya.

Pepaya Calina IPB 9 dari Panyabungan Barat, kata Putra masih tergolong yang terbaik di Sumut.

“Pepaya Calina dari Panyabungan barat tergolong terbaik di sumut dan di kota medan telah menjadi primadona,”jelas putra

Dalam kesempatan tersebut Putra berharap kepada Dinas Pertanian dan intasi terkait supaya memberikan pengetahuan secara komprehensif pada petani.

“Untuk menambah pengetahuan agar hasil lebih bagus, kami sangat berharap Dinas Pertanian dan intasi terkait memberikan pengetahuan pada petani kita. Kami juga berharap kepada pemerintah agar jalan menuju desa ini diperbaiki,” harap Putra.

Reporter: Saima Putra

Editor: Redaksi StArtNews

Ket Photo
Bupati Madina Drs Dahlan Hasan nasution memanen pepayan Calina di Desa Runding Kecamatan Panyabungan Barat.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi