Di Kotanopan, Gubsu Disambut dengan Gordang Sambilan dan “Diupa-upa”

Foto: Gubsu dan Istri Diupa-upa Tokoh Adat Kotanopan

Kotanopan, StArtNews-Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Mandailing Natal, Kamis (20/2) Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi menginap di Kecamatan Kotanopan, tepatnya di rumah milik H. Nazirul Haq Lubis di Desa Muara Siambak.

Kedatangan Gubernur dan rombongan disambut dengan penampilan Gordang Sambilan dan Upa-upa dari tokoh adat Kotanopan.

Selain didampingi istri, Hj. Nawal Lubis dalam rombongan Gubernur ini terlihat juga Kapala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara; Arsyad Lubis, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa; Aspan Sopian, Kadis PSDA; Alfi Syahriza, Kadis Bina Maraga; M. Armand Effendy Pohan, Kepala Bapeda; Hasmirizal Lubis, Kadis Sosial; H. Rajali, Sekwan; Erwin Lubis, anggota DPRD Provsu dari Dapil Sumut 7; Harun Mustafa Nasution dan Rahmat Rayyan Nasution serta Ketua DPW PPP Sumut; Yulizar Parlagutan Lubis.

Kedatangan Gubsu di Kotanopan ini disambut Camat Kotanopan; Kholilullah, S.Sos, Mudir Ponpes Musthafawiyah Purba Baru; H. Mustafa Bakri Nasution, tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat setempat.

Toiluddin Lubis sebagai perwakilan tokoh adat dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Sumatera beserta rombongan. Ia juga berterima kasih kepada Gubsu yang telah berkenan menginap di Bagas Godang Muara Siambak.

Menurutnya, Upa-upa yang dilaksanakan ini sebagai bentuk penghormatan kepada tamu yang datang. Ia berharap Gubernur dan keluarga dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT.

Prosesi Upa-upa langsung dipimpin tokoh adat Kotanopan Toiluddin Lubis dan H. Reza Fahlefi Lubis dengan disaksikan tokoh adat dan tokoh masyarakat lain. Usai diupa-upa Gubsu dan Istri dipersilakan mencicipi sajian Upa-upa dan seterusnya dilanjutkan silaturrahmi dengan masyarakat Kotanopan.

Foto: Prosesi Upa-upa

Usai acara Upa-upa, Gubsu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyambut kedatangannya.

Mantan Pangkostrad ini tidak menyangka dalam penyambutannya ada Gordang Sambilan dan Upa-upa. Sebab, kedatangannya hanya ingin istirahat dan tidur di rumah kayu, tapi ternyata disambut dengan meriah.

”Berarti saya banyak saudara di sini. Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih”, ujarnya.

Sedangkan anggota DPRD Sumut Dapil 7,  Harun Mustafa Nasution didampingi Rahmat Rayyan Nasution yang dimintai komentarnya terkait kedatangan Gubsu di Mandailing Natal mengatakan, seringnya Gubsu berkunjung ke Mandailing Natal itu menandakan sang Gubernur sangat respon terhadap pembangunan di Madina. 

“Harapan kita kepada Gubernur tentunya sangat banyak, sebab di Madina masih banyak warga yang susah, masih banyak infrastruktur yang mau dibangun, baik jembatan dan bidang perkebunan. Untuk itu kita berharap kedatangan Gubernur membawa angin segar untuk kemajuan pembangunan Madina”, ujar Harun.

Menurut Harun, mengingat di Mandailing Natal saat ini lebih dominan luas pertanian dan perkebunan, maka ini perlu di utamakan pengembangannya.

Harun bersama Rahmad Rayyan Nasution yang kebetulan sebagai anggota DPRD Sumatera Utara akan berkomitmen dan sama-sama berjuang untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Mandailing Natal. Begitu juga wilayah Dapil Sumut 7 lainnya, mulai dari Tapanuli Selatan, Paluta sampai Palas.

Reporter: Lokot Husda

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi