Dinas pertanian Akan Buat Penangkaran Bawang Merah di Lumban Pasir

Panyabungan, StArtNews-Untuk mengembangkan bawang merah, Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal (Madina) akan membuat penangkaran bawang merah di Desa Lumban Pasir, Kecamatan Panyabungan.

Kepala Dinas Pertanian Madina Siar Nasution, Senin (27/7) kepada wartawan menyampaikan, penangkaran bawang merah di Desa Lumban Pasir dibuat karena animo masyarakat untuk berkebun bawang merah sangat tinggi.

“Animo masyarakat sangat tinggi untuk menanam bawang merah, sehingga kita akan membuat penangkaran bawang merah di Desa ini,” ucap Siar.

Siar menjelaskan bibit yang akan ditangkarkan adalah variates Bima dengan luas lahan sekitar 8 hektare.

“Bibit bawang merah yang akan ditangkarkan daerah ini adalah variates Bima, di atas lahan kurang lebih 8 hektare,” jelasnya.

Siar mengatakan, budidaya bawang merah ini sangat menjanjikan untuk petani karena dalam waktu 60 hari sudah bisa panen dengan hasil yang cukup lumayan.

Kepala Dinas Pertanian Madina berharap dengan adanya penangkaran bawang merah ini Madina tidak lagi mendatangkan bawang merah dari luar.

“Mudah-mudahan dengan adanya penangkaran ini, kita tidak lagi mendatangkan bawang merah dari luar, yang mana saat ini Madina membutuhkan 14 ton bawang merah per minggu,” harapnya.

Sementara Kepala Desa Lumban Pasir, Zulham Riad Nasution sangat bersyukur dengan rencana pembuatan penangkaran bawang merah yang dipusatkan di Desa Lumban Pasir.

“Penangkaran bawang merah ini sangat membantu petani nantinya, karena yang dibutuhkan petani yang saat ini sedang semangatnya berkebun bawang merah,” sebut Zulham.

Saat ini saja kata Zulham, kebun bawang merah miliknya di atas lahan seluas 1/6 hektare telah menghasilkan 2 ton bawang.

Mudah-mudahan dengan adanya penangkaran petani bawang di desa ini bisa terbantu,” ucapnya.

Reporter: Saima Putra

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi