Dua Kandidat Klaim Menang Pilkada, KPU: Pendukung Harus Tahan Diri

Panyabungan, StArtNews-Dua di antara tiga peserta Pilkada Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yaitu pasangan nomor urut 1, Muhammad Ja’far Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utammi Nasution dan pasangan nomor urut 2 Dahlan Hasan Nasution-Aswin Parinduri, saling klaim kemenangan pada pilkada tahun 2020.

Keduanya mengklaim kemenangan berdasarkan penghitungan cepat dan rekapitulasi nyata yang dilakukan masing-masing tim pemenangan.

Terkait hal itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madina Fadhillah Syarief mengatakan, KPU tidak bisa mencegah setiap peserta Pilkada yang mendeklarasikan telah memenangkan pemilihan sebab tidak ada aturan yang melarang hal tersebut.

Namun, Syarief berharap kepada masyarakat dan pendukung masing-masing pasangan calon agar bisa menahan diri karena hasil resmi pemenang Pilkada Madina diputuskan berdasarkan rekapitulasi berjenjang mulai tingkat TPS, kecamatan dan kabupaten.

“Kita tidak bisa mencegah ketika peserta pemilihan (paslon) mendeklrasikan  kemenangannya masin -masing karena secara regulasi hal yang demikian juga tidak ada pelarangan. Tapi perlu disampaikan dan dijelaskan kepada masyarakat, apa pun itu, yang resmi adalah hasil rekapitulasi berjenjang resmi dari kami (KPU-red) di tingkat kecamatan dan kabupaten,” kata Syarief saat dihubungi, Kamis (10/12/20).

Perhitungan rekapitulasi suara di tingakat kabupaten sesuai dengan PKPU RI nomor 5 tentang Progaram dan Jadwal Penghitungan dimulai pada 13–17 Desember 2020.

Kemudian pada 13-23 Desember 2020 KPU kabupaten/kota akan mengumumkan hasil rekapitulasi melalui laman KPU masing-masing daerah.

Fadhillah meminta masyarakat bersabar menanti hasil rekapitulasi resmi dari KPU Madina.

“Karena ini berjenjang maka harus perlu bersabar. Karena tahapan-tahapan  akan ada rekapitulasi di tingkat kecamatan atau kabupaten, kalau sudah diputuskan baru dinyatakan resmi,” imbuhnya.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi