Hak Cipta @Redaksi

Hari Santri : ASN Kemenag dan Semua Santri Pakai Sarung

Panyabungan, StArtNews- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal Dr. H. Dur Brutu, MA mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Mandailing Natal untuk memakai sarung, baju koko, dan peci bagi laki-laki, serta baju muslimah bagi perempuan, pada peringatan Hari Santri Nasional yang akan digelar pada hari Senin, 22 Oktober 2018 nanti.

Hal ini sesuai dengan Surat Kepala Kemenag Madina nomor : 659/KK.02.13/10/2018 tanggal 16 Oktober 2018 tentang memeriahkan Hari Santri Nasional di Kabupaten Mandailing Natal pada tanggal 22 Oktober 2018.

“Dengan memakai sarung, merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kita kepada para santri dan para ulama yang telah begitu besar perannya dalam merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdakaan ini,” kata Dur Brutu.

“Kalau di hari Kartini tanggal 21 April, kaum perempuan memakai kebaya, maka di Hari Santri Nasional yang setiap tanggal 22 Oktober 2018 diperingati, khusus ASN Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal memakai pakaian ala santri yang identik dengan memakai kain sarung,” ujarnya Kakan Kemenag.

Menurut Dur Brutu, Kabupaten Mandailing Natal sebagai daerah santri yang memiliki puluhan pesantren dan ribuan santri akan memperingati hari santri ini dengan meriah, tapi tetap dalam nuansa penuh kekhidmatan dan nilai nilai keislaman.

Selanjutnya, Pada Senin, 22 Oktober 2018 Pemkab dan Kemenag Mandailing Natal akan mengadakan kirab santri pada pukul 07.00 WIB dengan menghadirkan lebih dari 1000 santri, para ASN Kemenag dan Pemkab Mandailing Natal, serta para masyarakat dan organisasi kemasyarakatan dengan memakai kain sarung melakukan kirab jalan kaki sejauh 2 km, start dari Simpang Titi Kuning Dalan Lidang dan finish di Masjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan yang akan dilepas Bupati Mandailing Natal.

“Selanjutnya akan dilanjutkan dengan haflah Alquran, dan zikir doa untuk mendoakan agar bangsa dan negara kita ini damai, tenteram dan kondusif apalagi saat ini adalah tahun politik pesta demokrasi menjelang pilpres dan pileg,” tegasnya.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Odi Eserge

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...