HPSN 2020, DLH Madina Tanamkan Peduli Kebersihan Mulai Usia Dini

Foto: HPSN 2020 Dipusatkan di Taman Kota Panyabungan dengan Melibatkan Anak PAUD.

Panyabungan, StArtNews-Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dengan kegiatan sisir sampah.

Kegiatan sisir sampah ini menyasar tempat pembuangan sampah liar atau ilegal yang dipusatkan di Taman kota Panyabungan, pada Senin (24/02).

Sejak pagi, sekitar pukul 08.00 WIB ratusan petugas kebersihan yang juga diikuti TNI/Polri menyebar dan memonitoring keberadaan sampah dan mengajak anak PAUD membersihkan sampah.

Kepala DLH Madina melaui Kepala Bidang Persampahan, Abdul Kholik mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih sampah ini selain untuk memperingati HPSN 2020 juga untuk mengajak masyarakat cinta kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Foto: Kegiatan Peduli Sampah pada HPSN 2020.

“Selain di Taman Kota, kegiatan yang sama juga dilaksanakan beberapa titik pembuangan sampah lainnya,” ucap Kabid.

Dia menyampaikan pentingnya kesadaran lingkungan, DLH Madina berupaya mengusahakan pola pikir atau mindset bersih diri dan lingkungan harus ditanamkan sejak dini.

“Kami minta agar masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Dimulai dari hal yang paling mudah yakni tidak membuang sampah sembarangan. Tanamkan kebiasaan ini sejak dini pada anak-anak,” lanjutnya.

Ke depan, pihaknya juga mempunyai progargam pengembangan bank sampah untuk masyarakat perkotaan dan perdesaan agar pengelolaan sampah bisa berjalan baik.

“Selain lingkungan bersih, juga bisa mendorong kreativitas masyarakat. Kita juga mengajak komunitas mahasiswa di daerah ini agar membentuk bank sampah. Selain untuk mengurangi timbunan sampah yang ada di Panyabungan juga nanti bisa bernilai ekononis,” katanya.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi