Hak Cipta @Redaksi

Irigasi Tak Kunjung Diperbaiki, 4 Desa di Kotanopan Gagal Tanam

Rusaknya talang irigasi Bondar Lombang Hutadangka 4 desa di Kotanopan tidak bisa menggarap lahannya.

Kotanopan.StArtNews- Ratusan hektar areal persawahan di 4 desa di Kecamatan Kotanopan Kab. Mandailing Natal tidak bisa digarap di musim tanam tahun ini.

Kondisi ini dipicu rusaknya irigasi Bondar Lombang Hutadangka saat bencana banjir bandang 3 bulan lalu. Sampai saat ini sepertinya belum ada upaya dari pihak terkait untuk memperbaikinya.

Adapun ke 4 desa tersebut adalah desa Hutadangka, Muara Pungkut, Muara Siambak dan Muara Soro. Untuk sementara,  warga terpaksa beralih ke tanaman muda dan sebagian lagi ada yang membiarkan arel persawahannya tidak di garap sama sekali.

Kepala Desa Hutadangka, Mansyur Lubis yang dihubungi, Kamis ( 13/7)  membenarkan kondisi ini. “Iya, diperkirakan ratusan hektar areal persawahan tidak bisa lagi di tanami karena irigasi rusak saat banjir Bandang tiga bulan  lalu. Kita mengharapkan Pemkab Madina agar segera memperbaiki irigasi ini agar petani  kembali menggarap sawahnya,”

Dikatakannya, kerusakan irigasi Bondar Lombang Hutadangka ini memang cukup parah. Talang yang terpasang selama ini sudah runtuh, begitu juga dengan dek irigasi banyak yang hancur. Dibutuhkan anggaran ratusan juta untuk memperbaiki ini. Tanpa ada perbaikan, para petani tidak akan bisa menggarap lahannya.

Dikatakannya,  ada dua talang yang paling parah  tingkat kerusakannya. Melihat dari kondisi talang harus dibangun baru. Kalau hanya sekedar diperbaiki tidak bisa.

Asrul Sani Lubis, salah seorang petani yang dihubungi  juga mengharapkan agar Pemerintah segera membantu perbaikan irigasi ini.

“Kerusakan Bondar Lombang Hutadangka cukup parah. Saya memperkirakan dua kali musim tanam areal persawahan ini tidak akan bisa di garap, kecuali ada campur tangan Pemerintah,” ujarnya.

Kita berharap Pemkab Madina segera membangun talang yang rusak ini.  Kasihan kita melihat petani tidak bisa menggarap lahannya”, ujarnya.

Reporter : Lokot Husda
Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...