Jemaah Haji Madina Berangkat Tanggal 22 Juli 2018

Panyabungan, StArtNews- Calon  Jemaah Haji (Calhaj) asal Kab. Mandailing Natal yang tergabung dalam kloter 3 Embarkasi Medan berangkat hari Minggu, tanggal 22 Juli 2018 dari Panyabungan. Rencananya keberangkatan ini akan langsung dlepas Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal Drs. Muksin Batubara, M.Pd, Rabu (11/7) di Panyabungan.

Dikatakan Muksin, seperti tahun sebelumnya, tahun 2018 ini Calhaj Madina di bagi menjadi dua kloter, yaitu kloter 3 dan kloter 8. Kloter 3 berangkat tanggal 22 Juli 2018 ba’da Isya dari Panyabungan dengan jumlah jemaah 393 bersama petugas. Kemudian diterima di Asrama Haji tanggal 23 Juli sekitar pukul 17.00WIB dan terbang ke Madinah sekitar pukul 02.00WIB dini hari.

Sedangkan sisanya sebanyak 107 orang masuk kloter 8 (Gelombang ke II) bergabung dengan jemaah Tanjung Balai dan jemaah dari Kabupaten lainnya di Sumut. Kloter 8 ini direncanakan berangkat dari Panyabungan tanggal 28 Juni 2018. Kemudian, kedua kloter ini sangat baik penempatannya di Mekkah. Untuk kloter 3 sekitar 2 Km dari Masjidil Haram dan kloter 8 sekitar 700 meter dari Masjidil Haram.

“Sedangkan persiapan pemberangkatan jemaah sudah hampir rampung. Dari Kemenag Madina sendiri sudah melaksanakan Manasik Haji, ada yang 22 kali bahkan ada yang lebih. Ini sudah bisa menjadi modal bagi para jemaah untuk melaksanakan ibadah haji. Selain itu, kita juga terus koordinasi dengan Pemkab Madina tentang keberangkatan ini” ujar Muksin.

Muksin berharap kepada jemaah agar bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk beribadah. Begitu juga budaya saling tolong menolong antara sesama jemaah harus digalakkan. Jemaah yang tua bisa tertolong dan jemaah yang muda bangga bisa menolong yang tua. Kemudian kepada keluarga jemaah juga diharapkan agar sama sama mendoakan jemaah dan jangan membebani jemaah yang tidak ada hubungannya dengan haji.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...