Kasat Lantas Madina : Jalur Panyabungan Menuju Natal Masih Lumpuh

 

Natal.StArtNews – Banjir yang melanda wilayah Kecamatan Natal tepatnya di desa Patiluban Hilir dan Desa Sawahan Kabupaten Mandailing Natal sampai hari ini belum juga surut, kondisi air masih menggenangi pemukiman penduduk dan pasilitas umum seperti jalan raya dan sekolah .

Kasat Lantas Polres Mandailing Natal Ajun Komisaris Polisi Herliandri, SH pada StArtNews mengatakan, kondisi terparah banjir yang menggenangi jalan raya berada di Desa Patiluban Hilir, dipastikannya kendaraan bus penumpang atau roda dua belum bias melewati jalan karena ketinggian air mencapai 80 cm dengan panjang 300 meter, hanya jenis mobil truk saja yang bisa melintasi jalan tersebut. Sementara bagi warga yang hendak melintasi jalan ini, warga saat ini telah bisa memanfaatkan perahu karet milik BNPB Daerah Mandailing Natal, aparat kepolisian sendiri stanbay di lokasi dalam membantu warga setempat.

Kasat lantas menghimbau bagi warga Mandailing Natal yang menggunakan mobil bus atau sepeda motor yang hendak bepergian menuju Natal atau sebaliknya untuk sementara mengurungkan niatnya, karena kondisi jalan raya di wilayah Desa Patiluban Hilir  yang berada di Kecamatan Natal belum bias dilalui. Namun bagi warga yang hendak bepergian hanya sampai wilayah kecamatan batang Natal dan Lingga Bayu, dipastikan kendaraan roda dua ataupun empat tidak ada kendala sama sekali.

 

Dari data Lantas Polres Mandailing Natal tegas AKP. Herliandri, SH, musim hujan saat ini memang selain rawan banjir, juga rawan longsor, namun dipastikan jalan menuju wilayah pantai Barat mulai dari Kecamatan Panyabungan Selatan, Batang Natal sampai pada Kecamatan Lingga Bayu masih dalam kondisi aman. Meski ada sejumlah titik longsor dari perbukitan menimbun badan jalan raya, namun alat berat milik otoritas setempat selalu stanbay untuk membersihkan material longsor dari badan jalan.

Namun kata Kasat Lantas, warga pengguna jalan diharapkan untuk berhati hati terutama di wilayah Tano Bato Kecamatan panyabungan Selatan  menuju Batang Natal karena ada sejumlah titik yang rawan longsor perbukitan yang berada di pinggir jalan akibat kondisi stuktur tanah yang labil karena diguyur hujan, disarankan bagi yang hendak melakukan perjalanan ke wilayah ini untuk menghindari jalan malam.

Kasat Lantas menyarankan bagi warga yang bepergian menuju wilayah Batang Natal sekitarnya untuk tetap mengkonfirmasi Polsek setempat terkait masalah status jalan apakah bisa dilewati atau tidak untuk  menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk jaur tengan lintas sumatera sendiri kata AKP. Herliandri, SH, mulai dari Kota Nopan sampai Kecamatan  Muara sipongi dan Perbatasan Sumatera Utara dengan sumatera Barat dilaporkan masih dalam kondisi aman, meski julur dari Muara sipongi sampai perbatasan Sumatera Barat didominasi tebing dipinggir jalan, namun sejauh ini belum ada laporan terjadi longsor yang menimbun badan jalan dan mengakibatkan kemacetan.

Reporter : Hanapi Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...