Ketersedian Pangan Madina Aman di Tengah Pandemi Covid-19

Panyabungan, StArtNews-Dalam menghadapi bencana nasional Pandemi Corona (Covid-19) dan Bulan suci Ramadan tahun 2020 ketersedian pangan di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) aman.

Dari data Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Madina ketersedian pangan khusus beras sampai bulan september 2020 sebanyak 31.685,05 ton. Sementara kebutuhan masyarakat untuk beras 5.143 ton perbulan.

“Alhamdulilah, stok pangan kita selama menghadapi COVID-19 dan Ramadan 2020 ini aman. Semoga sampai dengan berakhirnya virus ini stok pangan kita tetap cukup untuk membutuhi masyarakat,” kata Plt. Kadis Ketahanan Pangan Madina, Taufik Zulhendra Ritonga kepada wartawan, Jumat (3/4).

Ia menyampaikan stok beras menghadapi bulan puasa dan Idulfitri yaitu bulan April sampai Juni juga aman. Dari data, ketersedian beras pada bulan itu sebanyak 14.124,72 ton.

Data ketersedian ini diambil dari produksi beras, jumlah luas lahan pertanian, beras masuk dan beras keluar.

“Ketersedian beras di Kabupaten Madina aman. Perhitungan diambil dari produksi beras, jumlah luas lahan pertanian di Madina, juga beras masuk dari kabupaten lain serta beras keluar,” jelas Taufik.

Taufik berharap kepada masyarakat agar tidak panik dan khawatir menghadapi Covid-19 dengan melalukan penimbunan beras atau belanja berlebihan.

‘Kita juga dari Dinas Ketahanan Pangan akan terus melakukan pemantauan di lapangan terutama gudang, lumbung padi atau kilang padi,” ujarnya.

Sebelumnya juga kata Taufik, Bupati Madina, Drs. Dahlan Hasan Nasution telah mengeluarkan surat imbauan dengan nomor 521.1/1063/DKPG/IV/2020 kepada distributor padi, beras dan masyarakat.

Salah satu poin dalam imbauan itu adalah tidak melakukan pembelian dan/atau menimbun kebutuhan bahan pokok maupun kebutuhan masyarakat lainnya secara berlebihan.

Reporter: Saima Putra
Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi