Komitmen SUKA Atasi Persoalan Sampah

Foto: Ilustrasi Tumpukan Sampah di Kota Panyabungan.

Panyabungan, StArtNews-Tumpukan sampah merupakan salah satu persoalan yang tak selesai di ibu kota Kabupaten Mandailing Natal. Saban hari tumpukan sampah menjamur di pinggir jalan-jalan Kota Panyabungan.

Selain armada yang kurang dan kesadaran masyarakat yang masih minim, keberadaan tempat pembuangan sementara (TPS) juga menjadi persoalan lain. Sebelumnya, Pemkab Madina telah memasang beberapa tong sampah. Namun, tong yang digunakan dinilai masyarakat tak layak.

Persoalan ini tak luput dari perhatian pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 1, H. M. Jakfar Sukhairi Nasution–Atika Azmi Utammi Nasution. Bahkan, pasangan yang dikenal dengan SUKA ini menjadikan persolan kesehatan dan kebersihan lingkungan sebagai misi nomor 5.

Selain itu, pasangan ini juga menjadikan akselerasi pembangunan SDM dan kesehatan masyarakat sebagai program kerja di tahun pertama jika terpilih nantinya.

Atika Azmi Utammi melalu akun Facebook miliknya, Kamis (19/11) menyampaikan untuk mengurangi penumpukan sampah, SUKA akan menghadirkan pohon sampah.

Pohon sampah ini, kata Atika, sudah digunakan di kota-kota besar di berbagai negara seperti Barcelona di Spanyol. Pohon sampah ini juga sudah digunakan di Kota Padangsidimpuan.

Gadis muda lulusan University of News South Wales ini menambahkan, dengan mengadopsi pohon sampah akan menyelesaikan tumpukan sampah di permukiman warga. Selain itu, solusi ini menurutnya lebih murah dan efektif.

“Kita akan adopsi tiang sampah ini menyelesaikan penumpukan sampah di tengah-tengah pemukiman. Solusi inovatif nan murah seperti ini saya rasa efektif,” tulisnya dalam unggahan itu.

Sementara untuk menjangkau sampah-sampah di gang-gang sempit, SUKA berkomitmen menghadirkan sepeda motor roda tiga bentuk pick-up.

“Perlahan, setelah penggunaan tiang sampah, kita akan mulai urai sampah plastik, non plastik dan organik. Kalau teman-teman lihat itu ada tiga warna biasanya, merah, kuning dan hijau. Namun ini tergantung keberhasilan tiang sampah tadi,” tutupnya.

Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi