Kumpulkan Dokter, Gubsu: Kesehatan Tim Medis Adalah Prioritas

Panyabungan, StArtNews-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, mengumpulkan seluruh dokter yang bertugas di RSUD Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), di Aula Hotel Rindang, Panyabungan, Kamis (8/10).

Salah satu yang menjadi topik pembahasan dalam pertemuan ini adalah banyaknya tenaga kesehatan (Nakes) yang terpapar korona. Dalam pertemuan itu terungkap ada kelengahan tim medis akibat adanya keterlamabatan distribusi Alat Pelindung Diri (APD).

Edy mengingatkan kesehatan tim medis merupakan prioritas. Untuk itu setiap tenaga kesehatan harus menjaga kediri agar tidak terpapar Covid-19. Salah satu caranya adalah dengan menganggap semua yang datang berobat terindikasi terpapar Covid-19 demi menjaga kewaspadaan dan tetap menggunakan APD.

Ia menyampaikan telah memberikan 1.000 unit APD untuk tenaga kesehatan di RSUD Panyabungan.

Sementara itu, kepada Pjs Bupati Madina Edy memerintahkan agar menyiapkan hotel sebagai tempat isolasi dan tempat istirahat tenaga kesehatan agar tidak bercampur dengan keluarga sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Mantan Pangkostrad ini juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat agar tidak saling menyalahkan di tengah situasi yang serba sulit ini.

“Jangan Anda saling menyalahkan orang lain. Tapi salahkan saya, karena saya gubernur yang mau menerima laporan dan percaya begitu saja. Saya akan perbaiki ini semua dan minta maaf,” katanya, mengutip Waspada.

Sekdakab Madina, Gozali Pulungan dalam kesempatan itu mengaku Pemkab madina terlambat melakukan tracing saat ditemukan pasien positif pertama yang merupakan tenaga kesehatan di RSUD Panyabungan.

Salah satu tenaga kesehatan yang ikut dalam pertemuan itu, M Rusli Pulungan meminta semua elemen saling percaya. Menurutnya saat ini langkah yang diperlukan adalah percepatan test swab untuk menekan penyebaran Covid-19 di Madina.

Dokter Spesialis THT RSUD Panyabungan ini menerangkan sampai saat ini  yang terdata ada 50 orang dokter, perawat, dan staf RSUD Panyabungan terkonfirmasi positif Covid-19 dan 7 lainnya dalam perawatan.

Hingga saat ini Mandailing Natal masih ditetapkan sebagai zona merah penyebaran Covid-19. Dari data terakhir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Madina pada Jumat (9/10) ada 111 pasien positif, 243 pasien kontak erat dan 1 pasien suspek.

Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi