Kunjungan Atika ke Ranto Natas Madina, Lirik Pengembangan Gula Aren

Panyabungan Timur, StArtNews-Calon Wakil Bupati Kabupaten Mandailing Natal (Madina) nomor urut 1, Atika Azmi Utammi melirik pengembangan gula aren saat berkunjung ke Desa Ranto Natas Kecamatan Panyabungan Timur.

Kunjungan ini sekaligus bersilaturrahmi dengan Ibu-ibu pengajian di desa itu dan memberikan santunan anak yatim.

Pada kesempatan itu Atika menyampaikan bahwa peluang ekonomi mandiri masyarakat lewat pengolahan gula aren menjadi gula semut sangat terbuka. Komoditas ini juga punya peluang keuntungan yang lebih besar.

Lulusan Australia ini menyampaikan harga gula merah di pasaran sekitar Rp15.000 sampai dengan 18.000 per kilonya. Sementara gula semut bisa mencapai Rp75.000 per kilonya.

“Pengembangan gula aren diolah menjadi gula semut bisa bernilai fantastis karena harga pasaran gula merah ini sangat tinggi, setiap kilonya bisa mecapai 75 ribu,” kata Atika.

Putri dari H. Khoir ini menilai usaha mikro kecil seperti ini dapat meningkatkan peluang ekonomi dan mengurangi pengangguran di Desa Ranto Natas dan masyarakat Madina secara umum.

“Usaha koperatif seperti ini membuat peluang peningkatan ekonomi di daerah Ranto Natas dan di seluruh daerah Mandailing Natal umumnya yang memang memproduksi gula merah menjadi gula semut. Ini dapat menjadi salah satu modal untuk meningkatkan taraf ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat,” ucapnya.

Pada kunjungannya itu juga, ibu-ibu dari desa tersebut menyampaikan keluhan dan aspirasi mereka tentang pencapaian ekonomi mandiri.

Salah satu visi-misi pasangan calon yang berjargon SUKA tersebut adalah peningkatan ekonomi untuk mencapai religiusitas.

Reporter: Hasmar Lubis

Editor: Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi