Lebih dari 100 Orang Warga Padang Bulan Muara Soro Jalani Rapid Test

Kotanopan, StArtnews-Buntut pasien OTG, ARL (55) yang positif korona sesuai dengan hasil sweb test, Jumat (5/6) lebih dari seratus orang warga Padang Bulan, Muara Soro, Kecamatan Kotanopan harus melewati rapid test. ARL diketahui merupakan pelaku perjalanan dari daerah terpapar covid-19, Tangerang, Banten.

Rapid test ini dilaksanakan Gugus Tugas Covid Mandailing Natal bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kotanopan. Tes dilakukan di Puskesmas Kotanopan sebagai langkah awal skirining virus Corona melalui sampel darah terhadap warga yang kontak dengan penderita yang sudah positif.

Pantauan StArtnews, rapid test ini dilaksakan mulai pagi sampai sore hari. Masing-masing warga datang dengan keluarga dan ada yang datang sendiri. Setelah dilakukan rapid test dan hasilnya diketahui, warga pun pulang ke rumah masing-masing.

Kepala Puskesmas Kotanopan, dr. Wuryandari yang dihubungi membenarkan pihaknya melakukan rapid tes untuk mengetahui kondisi warga yang sudah kontak dengan pasien positif corona. Langkah ini perlu dilakukan untuk memutus perkembangan rantai Covid di Kotanopan.

“Ada sekitar 120 orang yang sudah melaksanakan rapid test, sisanya besok dilanjutkan. Dari 120 orang, ada 6 orang yang hasilnya bayang-bayang. Keenam orang ini kita arahkan untuk pemeriksaan lanjutan ke RSUD Panyabungan,” ujarnya.

Wuryyandari mengatakan saat ini sudah 5 orang yang diberangkatkan ke RSUD Panyabungan. Sedangkan satu orang lagi orang tuanya belum diberangkatkan karena mendapat penolakan dari orang tuanya.

Pantauan di lapangan, saat keenam orang dengan hasil tes bayang-bayang akan dirujuk ke RSUD Panyabungan untuk pemeriksaan selanjutnya, ada orang tua menolak untuk melakukan test lanjutan. Bahkan sempat terjadi dialog sengit antara pegawai kesehatan dengan orangtua.

Namun setelah dirembukkan dengan Muspika, Kepala Desa dan orangtua, akhirnya mereka setuju membawa keluarga mereka untuk pemeriksaan lanjutan di RS Umum Panyabungan. Sedangkan satu orang tua lainnya tidak memperkenankan anaknya dibawa.

Kepala Desa Padang Bulan Muara Soro, Bahren Daulay yang dihubungi Jumat malam mengatakan pihaknya masih terus membujuk orang tua tersebut agar berkenan membawa anaknya ke RSUD Panyabungan untuk pemeriksaan lanjutan.

“Kita lagi berusaha membujuk beliau agar anaknya dibawa ke Panyabungan” ujarnya.

Camat Kotanopan, Kholillullah yang juga dikomfirmasi Jumat malam membenarkan pihaknya sedang mengadakan pendekatan kepada orangtua agar anaknya dengan hasil test baying-bayang segera dibawa ke RSUD Panyabungan untuk test lanjutan. Sedangkan lima orang yang sudah terlebih dahulu melakukan test lanjutan di RSUD Panyabungan dinyatakan negatif.

Reporter: Lokot Husda

Editor: Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi