Minimalisir Penyebaran Corona, Pemkab Madina Lakukan Swab Massal

Panyabungan, StArtNews-Jumlah pasien Covid-19 di Mandailing Natal (Madina) yang masih tinggi membuat pemerintah melakukan langkah-langkah preventif untuk menekan laju penyebaran virus yang mengguncang segala sektor kehidupan tersebut. Salah satu langkah yang dilakukan adalah swab test massal.

Sesuai jadwal yang disampaikan Pjs. Bupati Madina, Ir. Dahler Lubis pada Sabtu (17/10) lalu. Pemkab Madina pada Senin (19/10) melaksanakan swab tes massal untuk tracing pasein positif Covid-19. Swab massal dilaksanakan di Bagas Godang Mandailing Natal, Parbangunan, Panyabungan.

Anggota Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Utara, Mayjend TNI (Purn) Darlan Harahap kepada StArtNews usai apel pelaksanaan swab tes massal di halaman Hotel Madina Sejahtera, Dalan Lidang menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu tugas satgas Madina.

Dalam giat ini, jelas Darlan, sebagai tindakan awal akan mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Sementara itu untuk tindakan pemberian sanksi akan mengacu pada Perbub yang berlaku dan itu merupakan tindakan terakhir.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu satgas Madina untuk percepatan Covid yang belakangan ini ada perkembangan. Kegiatan yang dilaksanakan utamanya adalah bagaimana masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Kepada tim yang bertugas ia berpesan bahwa dalam setiap kegiatan akan ada kendala yang muncul. Mengingat tugas ini adalah tugas kemanusiaan, maka pelaksanaannya juga harus humanis.

Sementara itu, Kapolres Madina, AKBP Horastua Silalahi, S.I.K, M.Si mengatakan pelaksanaan swab ini menyasar sekitar 200 orang yang terdiri dari TNI, Polri, tenaga kesehatan dan ASN sebagai contoh kepada masyarakat agar turut serta berperan aktif mencegah penularan covid-19.

“Hari ini targetnya adalah 200 orang, ASN, TNI dan Polri. Kenapa ini dilakukan? Karena kita ingin mencontohkan kepada masyarakat bahwa swab ini penting untuk memutus mata rantai penyebaran covid di Madina,” jelasnya.

Lebih lanjut, Perwira Polisi ini menyampaikan masyarakat bisa mengikuti swab test dengan mendatangi posko kesehatan dan membawa KTP. Swab dilakukan tanpa pungutan biaya. Ia juga berujar kegiatan ini akan terus dilakukan sampai pada tingkat kecamatan.

Kapolres berharap masyarakat mendukung upaya pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan.

Reporter: Ika Rodhiah Putri

Editor: Tim Redaksi StArtNews

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi