Pemkab Madina Diminta Perhatikan Pembangunan Desa dalam RPJMD 2021-2026

Panyabungan, StartNews – Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Kobol Nasution meminta Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Madina memperhatikan perencanaan pembangunan desa saat menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Madina tahun 2021-2026.

“Linieritas perencanaan pembangunan desa perlu diperhatikan pemerintah daerah demi mewujudkan visi Kabupaten Mandailing Natal yang mandiri, kompetitif, berkeadilan, dan bermartabat,” kata Kobol Nasution, Jumat (24/9/2021).

Kobol menjelaskan beberapa hal terkait pembangunan desa. Di antaranya, Indeks Desa Membangun sebagai indeks komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Ekologi Desa.

“Indeks Desa Membangun disusun untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangani pengentasan desa tertinggal dan peningkatan desa mandiri,” katanya.

Seperti tercantum dalam Permendesa PDTT Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM), menurut Kobol, tujuan penyusunan IDM untuk menetapkan status kemajuan dan kemandirian desa serta menyediakan data dan informasi dasar bagi pembangunan desa.

Dia memaparkan, Permendes PDTT No. 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Dia mengatakan Sustainable Development Goals (SDG) Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, pendidikan desa berkualitas, keterlibatan perempuan desa, desa layak air bersih dan sanitasi.

Selain itu, desa yang berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa merata, infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan, desa tanpa kesenjangan, kawasan pemukiman aman dan nyaman, konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, desa tanggap perubahan iklim, desa peduli lingkungan laut dan darat.

Juga desa damai dan berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa, kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

“Dengan SDGs Desa, maka tujuan pembangunan di desa akan lebih terarah dan terukur untuk makmur dan mandiri,” tuturnya.

Reporter: Sir

The post Pemkab Madina Diminta Perhatikan Pembangunan Desa dalam RPJMD 2021-2026 first appeared on Start News.

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...

Hak Cipta @Redaksi